Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Apple Memperkenalkan Berbagai Fitur Baru dalam iOS 17: Apa yang Perlu Anda Ketahui

Apple Memperkenalkan Berbagai Fitur Baru dalam iOS 17: Apa yang Perlu Anda Ketahui
Apple Memperkenalkan Berbagai Fitur Baru dalam iOS 17: Apa yang Perlu Anda Ketahui. (Canva by Armand Valendez)

iOS17, pada bulan Juni lalu, Apple mengumumkan peluncuran sistem operasi terbaru mereka, iOS 17, dengan sejumlah fitur baru yang menarik. Setelah melalui tahap uji coba dalam versi beta selama sekitar tiga bulan, kini software tersebut siap diluncurkan secara resmi.

iOS 17 akan tersedia secara bertahap bagi pengguna iPhone XS atau versi yang lebih baru, dan peluncurannya dijadwalkan pada hari ini, Senin (18/9/2023). Namun, pantauan CNBC Indonesia mencatat bahwa sistem operasi ini belum tersedia di Indonesia, dengan versi terakhir yang tersedia adalah iOS 16.1.

Berikut ini adalah sepuluh fitur baru yang hadir dalam iOS 17 yang perlu Anda ketahui sebelum memperbarui perangkat melalui pengaturan “Settings” > “General” > “Software Update”, seperti yang dikutip dari MacRumors.

1. StandBy Mode

Fitur ini memungkinkan pengguna mengakses Live Activities, Widget, dan Smart Trachs dalam satu tampilan informasi pada layar saat iPhone sedang dalam proses pengisian daya. Antarmuka ponsel juga akan otomatis beralih ke mode lanskap saat pengisian daya dilakukan.

Baca Juga  5 Alasan Harga MacBook yang Mahal dan Apa yang Anda Dapatkan sebagai Peminat Produk Apple

2. NameDrop

Fitur ini merupakan pembaruan untuk fitur AirDrop, yang memungkinkan pengguna untuk berbagi nomor telepon dan email ketika dua iPhone didekatkan satu sama lain.

3. Live Voicemail

 Fitur ini memungkinkan transkripsi real-time dari pesan suara (voicemail) yang ditinggalkan oleh pengguna lain. Pengguna dapat langsung melihat transkripsi pesan tersebut di layar iPhone dan bisa langsung mengangkat telepon jika diinginkan.

4. Swipe untuk membalas pesan di iMessage

 iOS 17 membawa pengalaman pengguna yang lebih baik dalam aplikasi iMessage dengan menambahkan gestur baru. Kini pengguna dapat menggeser chat ke kanan untuk membalas pesan dengan lebih mudah dan cepat.

5. AI Pada Keyboard

Apple telah menghadirkan teknologi kecerdasan buatan (AI) pada keyboard mereka. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melakukan koreksi otomatis pada kata atau kalimat yang akan dikirim kepada orang lain.

6. Contact Poster

Fitur Contact Poster memungkinkan pengguna untuk mengatur tampilan khusus saat dihubungi oleh orang lain melalui telepon. Selain itu, terdapat juga fitur Check In yang memberi notifikasi kepada kontak terdekat ketika Anda tiba di rumah.

Baca Juga  Menilik iOS 17, Akan Rilis September 2023

7. Apple Maps Offline

Seperti Google Maps, Apple Maps juga kini dapat diakses tanpa koneksi internet. Pengguna dapat mengunduh peta digital untuk wilayah tertentu dan menggunakannya untuk navigasi, melihat estimasi waktu tiba di tujuan, dan mencari tempat tertentu.

8. Hey Siri lebih singkat

Dalam iOS 17, pengguna dapat mengaktifkan asisten pintar Siri dengan panggilan yang lebih singkat. Pengguna tidak perlu lagi mengucapkan “hey” sebelum nama “Siri”, cukup menyebut “Siri” langsung.

9. Sticker Drawers

Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone untuk mengakses berbagai jenis stiker, termasuk Live Stickers, emoji, Memoji, dan stiker iMessage lainnya, dalam satu tempat yang mudah diakses.

10. Interactive Widget

Fitur ini dapat diakses melalui Home Screen, Lock Screen, dan StandBy. Pengguna dapat langsung menandai tugas yang sudah selesai melalui widget, pause lagu atau podcast yang sedang diputar, serta mengatur aksesori melalui aplikasi Home.

Baca Juga  Oppo Find X6 Pro Dinyatakan Tidak Hadir di Indonesia, Intip di Sini Spesifikasi Unggulannya

 

Beberapa fitur baru ini akan hadir dalam versi final iOS 17. Namun, penting untuk diingat bahwa daftar perangkat yang mendukung iOS 17 termasuk iPhone XS atau model yang lebih baru, seperti iPhone 15, iPhone 14, iPhone 13, iPhone 12, iPhone 11, iPhone XS, iPhone XR, iPhone SE Generasi ke-2, dan iPhone SE Generasi ke-3.***