Breaking News

Genjot Sosialisasi pada Pemilih Pemula, KPU Konawe Gelar Apel Demokrasi

KONAWE – Dalam rangka menghadapi Pemilu serentak Tahun 2024, Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus gencar melakukan sosialisasi tahapan Pemilu ke masyarakat.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Ketua Divisi Parmas dan Sumber Daya Manusia (SDM) KPU Andang Masnur ini menggelar Apel Demokrasi yang ditujukan ke pemilih pemula dengan menyasar sekolah yang dimulai dari Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat yang ada di Konawe, Rabu, 9/11/2022.

Ketua Divisi Parmas dan SDM KPU Konawe, Andang Masnur mengungkapkan, kegiatan sosialisasi ini menyasar lima sekolah dihari pertama pelaksanaannya.

“Dihari pertama pelaksanaan apel demokrasi, KPU Konawe menyasar lima sekolah yaitu SMA N 1 Unaaha, SMK N 1 Unaaha, SMA N 1 Anggaberi, SMA N 1 Sampara dan SMK N 6 Konawe,” Kata Andang seusai sosialisasi di SMK Negeri 6.

Baca Juga  Dukung Investasi Kecam Premanisme, Konsorsium NGO Gelar Aksi Depan DPRD Konawe

Andang menjelaskan, apel demokrasi ini bentuk sosialisasi yang efektif dilaksanakan saat ini ke basis pemilih pemula.

“Biasanya kegiatan sosialisasi di sekolah-sekolah dalam bentuk KPU Goes to School itu mengumpulkan siswa di dalam ruangan lalu memberikan penjelasan kepemiluan,” ujarnya.

“Kami anggap itu belum saatnya sebab fokus sosialisasi tahapan saat ini masih pada tahap menyampaikan hari pelaksanaan pemilu dan jenis pemilihan yang akan diselenggarakan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Andang mengatakan, bahwa konsep Apel Demokrasi dengan memberikan penyampaian pada saat apel pagi di sekolah-sekolah dinilai lebih efektif karena tidak menyita waktu belajar siswa di sekolah.

“Jadi, kami meminta saat apel pagi di sekolah-sekolah untuk kita memberikan edukasi terhadap demokrasi dan pelaksanaan Pemilu 2024,” terangnya.

Baca Juga  Saat Sosialisasi, Kepala DPMD Konawe Himbau Pemerintah Desa Patuhi Asas Pengelolaan Dana Desa

Ia menyebut, bahwa selain memberikan informasi kepemiluan, KPU Konawe juga meminta kepada para siswa yang nantinya tahun 2024 akan ikut memilih untuk menjadi pemilih cerdas.

“Menolak politik uang dan ikut memerangi hoax atau berita bohong yang berpotensi memecah belah anak bangsa,” pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan ini selain penyampaian materi juga ada pembagian selebaran dalam bentuk pamflet berisi informasi kepemiluan dan diakhir acara diisi dengan Quis oleh komisioner KPU Konawe kepada siswa yang mengikuti apel. (RW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *