Link Pengumuman OSN Tingkat SD dan SMP 2023, Cek di Sini!

Link Pengumuman OSN Tingkat SD dan SMP 2023
Link Pengumuman OSN Tingkat SD dan SMP 2023 (Foto: Canva by Rattanakun)

Link pengumuman OSN Tingkat SD dan SMP 2023, cek di sini. Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tingkat Kabupaten/Kota untuk jenjang SMP/MTs telah selesai dilaksanakan.

Sebanyak 2.293 peserta telah berhasil lolos dan berhak untuk melanjutkan ke OSN Tingkat Provinsi untuk jenjang SMP.

Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan hasil OSN SD-SMP 2023 tingkat kabupaten/kota melalui Surat Keputusan Kepala BPTI Pusat Prestasi Nasional Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek Nomor: 0981/J7.1/PN.01/2023 dan Nomor: 0982/J7.1/PN.01/2023.

Dalam surat keputusan tersebut, dijelaskan bahwa nama-nama peserta yang tercantum dalam lampiran surat tersebut secara resmi diangkat sebagai peserta OSN Tingkat Provinsi Jenjang SMP Tahun 2023.

Pengumuman tersebut dilakukan setelah penyelenggaraan OSN tingkat kabupaten/kota selesai. Lomba sains ini diadakan pada tanggal 8-9 Mei 2023 untuk jenjang SD, sedangkan untuk jenjang SMP diadakan pada tanggal 16-17 Mei 2023.

Menurut petunjuk teknis (Juknis) OSN 2023, hanya ada 5 peserta yang lolos untuk setiap bidang lomba di setiap kabupaten/kota. Kelima siswa tersebut akan mewakili kota/kabupatennya dalam lomba tingkat provinsi.

Baca Juga  Universitas Terbaik di Indonesia Versi THE AUR 2023, Ini 10 Peringkat Besarnya

Keputusan mengenai peserta yang berhasil lolos OSN Tingkat Provinsi Jenjang SD-SMP 2023 telah ditetapkan di Jakarta pada tanggal 28 Mei 2023.

Cara Cek Pengumuman OSN SD 2023

Untuk OSN SD 2023 tingkat kabupaten/kota, perlombaan telah dilaksanakan pada tanggal 8-9 Mei 2023.

Bidang yang dilombakan dalam OSN K SD 2023 meliputi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Yang menarik, kompetisi OSN 2023 tidak hanya diikuti oleh siswa-siswa lokal atau Warga Negara Indonesia (WNI), tetapi juga diikuti oleh sejumlah peserta dari negara lain.

Terdapat 19 siswa SD dari 6 negara yang berhasil lolos OSN 2023 tingkat provinsi, yaitu Filipina, Jepang, Malaysia, Mesir, Myanmar, dan Thailand.

Pengumuman hasil OSN SD 2023 tingkat kabupaten/kota dapat diperoleh melalui link berikut: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/uploads/lampiran_pengumuman

Cara Cek Pengumuman OSN SMP 2023

Sementara itu, OSN SMP 2023 tingkat kabupaten/kota telah dilaksanakan pada tanggal 16-17 Mei 2023. Bidang lomba dalam OSN SMP 2023 meliputi Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam, dan Ilmu Pengetahuan Sosial.

Baca Juga  Ingin Membuat SKCK? Inilah Persyaratan dan Cara Mudah Membuat SKCK Terbaru 2023

Seperti halnya jenjang SD, OSN SMP 2023 juga diikuti oleh siswa-siswa dari luar negeri. Terdapat 21 siswa dari 7 negara yang berhasil lolos dan akan mewakili negara asalnya dalam lomba tingkat provinsi. Negara-negara tersebut adalah Filipina, Arab Saudi, Malaysia, Mesir, Myanmar, Thailand, dan Singapura.

Untuk mengetahui pengumuman OSN SMP 2023 tingkat kabupaten/kota, dapat diakses melalui link berikut: https://pusatprestasinasional.kemdikbud.go.id/uploads/lampiran_pengumuman

Selama penyelenggaraan OSN SD-SMP 2023 tingkat kabupaten/kota, penilaian dilakukan oleh juri dengan menggunakan mekanisme yang telah ditentukan dan dijelaskan sebelumnya.

Keputusan dari juri OSN SD-SMP 2023 bersifat final dan tidak dapat diganggu gugat. Hadiah untuk OSN SD-SMP 2023 terbagi sebagai berikut:

  • Tim Juri menetapkan juara di masing-masing bidang kompetisi sebanyak 5 orang medali emas, 10 orang medali perak, dan 15 orang medali perunggu.
  • Peserta yang mendapatkan peringkat 31-60 berhak mendapatkan Predikat Harapan di setiap bidang.
  • Tim Juri menetapkan peserta dengan hasil tes teori terbaik, eksplorasi terbaik, dan terbaik di setiap bidang.
  • Seluruh peraih medali akan mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan.
  • Seluruh peserta akan menerima e-sertifikat OSN sebagai pengakuan atas partisipasi mereka.
Baca Juga  WhatsApp Luncurkan Fitur Kirim Foto HD, Pengguna Bisa Berbagi Foto dengan Kualitas yang Lebih Baik

Dengan demikian, OSN SD-SMP 2023 tingkat kabupaten/kota telah berlangsung dengan sukses, dan para peserta yang berhasil lolos ke tingkat provinsi siap untuk melanjutkan kompetisi di sana.

Semoga para peserta dapat memberikan yang terbaik dalam OSN Tingkat Provinsi dan meraih prestasi yang gemilang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *