Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Resmikan Pencanangan Gemapatas dan Gemapuldadis di Pondidaha, Pj Bupati Konawe Sampaikan Ini

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr Harmin Ramba,SE,MM, membuka secara resmi pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Patok Batas (Gemapatas) dan Gerakan Masyarakat Pengumpulan Data Yuridis (Gemapuldadis) yang diselenggarakan BPN Sultra, di Balai Desa Wawolemo,  Kecamatan Pondidaha, Rabu, (20/12/2023).

Peresmian ini ditandai dengan pemasangan patok bidang tanah milik Pemerintah Kecamatan Wawolemo yang dirangkaikan dengan penyerahan 58 sertifikat retribusi tanah melalui program strategis percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2023.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Unaaha, Dr. Musafir Menca, SH, MH, perwakilan Kepala Kanwil  BPN Sultra, Ketua DPRD Konawe, Dr. Ardin, Pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Kepala Desa se –  Kecamatan Pondidaha serta masyarakat.

Baca Juga  Pemda Gelar Finalisasi Ekspose 100 Hari Kinerja Pj Bupati Konawe ke Kemendagri

Dalam Sambutannya, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, mendorong masyarakat  agar mengurus dokumen kepemilikan bidang tanah.

Selain itu, Harmin Ramba juga berharap kepada pemerintah Kecamatan, Kelurahan dan Desa  untuk memberikan pemahaman kepada warganya pentingnya memiliki alas hak atas tanah yang dimiliknya.

“Kedepannya saya harap semua bidang tanah yang ada di Kabupaten Konawe sudah tersertifikasi, tidak ada lagi tanah yang istilahnya dulu SKT atau warisan,” tutur Harmin Ramba yang juga Kepala Kesbangpol Sulawesi Tenggara (Sultra).

“Artinya kalau nyaman, lingkungan masyarakat aman maka semua akan tertib. Karena inti dari sertifikat ini agar tidak terjadi cekcok, perselisihan berkepanjangan antar masyarakat,” paparnya.

Tak lupa Harmin Ramba mengucapkan  terima kasih dan memberikan apresiasi kepada BPN Sultra atas terselenggaranya kegiatan Gemapatas dan Gemapuldadis dalan rangka membantu masyarakat mendapatkan kepastian hukum.

Baca Juga  Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Beri Kuliah Umum Ratusan Mahasiswa Konawe di Jakarta

“Program ini merupakan program strategis nasional yang dicanangkan Pemerintah pusat yang harus mendapat dukungan oleh pemerintah setempat,” pungkasnya.(**)