Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Sambut Kedatangan Presiden RI Jokowi, Pemkab Konawe Telah Lakukan Berbagai Persiapan

KONAWE – Mewakili Pj Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, SE, MM, Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand, SP, MH, mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah siap menerima kunjungan Presiden Republik Indonesia di Bendungan Ameroro.

Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Dr. Ferdinand, SP, MH saat menerima kunjungan Danlanud Haluoleo Kolonel Pnb Lili Eko Susanto SE, MM bersama rombongan, Senin 29 Januari 2024.

Kunjungan kerja Danlanud tersebut dilakukan dalam rangka meninjau langsung persiapan terkait rencana kunjungan Presiden Republik Indonesia ke Bendungan Ameroro di Desa Ameroro, Kecamatan Uepai Kabupaten Konawe.

Sekda Konawe pada kesempatan itu menjelaskan bahwa pada dasarnya, Pemerintah Kabupaten Konawe sudah melakukan berbagai persiapan dalam rangka menyambut kedatangan Presiden RI, Ir H. Joko Widodo.

Baca Juga  Pemerintah Tetapkan Idul Adha 1444 H Jatuh Pada Kamis 29 Juni 2023

“Selanjutnya, akan diatur oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementerian PUPR. Jadi tugas yang diberikan ke Pemda Konawe sudah kita laksanakan dengan baik,” kata Ferdy sapaan akrab Sekda Konawe.

Menurut Ferdy, meski persiapan sudah  dilakukan sedemikian rupa, tetapi pihaknya (Pemda Konawe) belum mendapatkan informasi secara resmi terkait jadwal kedatangan RI 01 di daerah Lumbung Beras Sultra ini.

“Sampai saat ini, kami belum menerima schedule resmi terkait kunjungan bapak Presiden,” jelas Ferdy.

Terkait kunjungan Danlanud bersama rombongan, Ferdy mengatakan bahwa kedatangan Danlanud di Konawe itu dalam rangka memaksimalkan persiapan lokasi yang akan di kunjungi Presiden.

“Mereka (Danlanud) datang cek kondisi di lokasi bendungan salah satunya rencana helipad (pendaratan helikopter). Karena direncanakan Presiden akan menggunakan helikopter dari bandara Haluoleo menuju lokasi bendungan,” jelas Sekda Konawe.

Baca Juga  Libur Idul Adha 2023 Akan Ditambah Dua Hari, Menunggu Kepastian dan Persetujuan Presiden Jokowi

“Ada beberapa catatan yang harus dibenahi oleh pihak PU agar pendaratan bisa lebih aman sesuai standar penerbangan TNI AU,” sambungnya.

Masih kata Ferdy, kehadiran Danlanud ini memberikan dukungan serta koordinasi yang penting dalam upaya menjaga keamanan dan kelancaran kunjungan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo.

Untuk diketahui, bendungan Ameroro ini memiliki kapasitas tampung 54,15 juta m³ dengan luas genangan 244,51 hektare. Bendungan ini berpotensi menambah layanan daerah irigasi seluas 3,363 hektare di Kabupaten Konawe.

Sehingga, dengan selesainya pembangunan Bendungan Ameroro ini diharapkan dapat meningkatkan volume tampungan air sehingga suplai air irigasi ke lahan pertanian terus terjaga, tersedianya air baku, serta pengendalian banjir dan suplai air irigasi dari bendungan dapat membantu petani meningkatkan intensitas tanamnya.

Baca Juga  Gantikan Mahfud MD, Presiden Jokowi Tunjuk Tito Karnavian jadi Plt Menko Polhukam

Laporan : Redaksi