Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Bangun Spirit Wirausaha, Yusran Akbar Beri Kuliah Umum Ratusan Mahasiswa Fisip UHO

KENDARI – Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Konawe, Yusran Akbar, ST, pacu semangat entrepreneurship pada ratusan mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip) Universitas Haluoleo (UHO).

Seminar kewirausahaan yang bertajuk “Membangun Jiwa Partnership pada Entrepreneurship Bagi Mahasiswa Ilmu Politik” dan dipandu oleh moderator Inan Fauziah itu dihadiri Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan Fisip Unhalu, Dr. H. Najib Husain S.Sos., M.Si, Ketua HMPS Ilmu Politik, Wawan Darmawan dan diikuti lebih dari ratusan mahasiswa di aula lakilaponto Fisip Unhalu, Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (5/10/2023).

Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar ST dalam ceramahnya mengajak para mahasiswa agar terus memacu diri, mengembangkan relasi untuk tampil sebagai pengusaha muda dalam berwirausaha walaupun itu diawali dengan skala kecil untuk memulai usaha seiring aktivitas perkuliahan.

Baca Juga  Sambut Ramadhan 1445 H, Polres Konawe dan Warga Bekerjasama Bersihkan Masjid Agung Babussalam

“Peluang berusaha sangat terbuka luas dengan masuknya investasi dan industri. Karena peluang ini kita harus merubahnya menjadi sebuah tantangan untuk berusaha, berwirausaha dengan menghasilkan profit seiring perkembangan teknologi,” kata Yusran

Tentunya lanjutnya, disini bagaimana kita bisa merubah tantangan menjadi sebuah solusi dari hubungan sosial politik dengan masuknya industri dan investasi di Sulawesi Tenggara.

“Dengan masuk dan berdirinya Sebuah pabrik, berarti membawa sebuah investasi besar lewat sebuah kebijakan ‘public policy’ bekerja sama dengan pengusaha untuk meyakinkan agar bisa masuknya investasi ke daerah kita,” ucap Ketua Kadin Konawe.

Berarti pabrik tersebut akan menciptakan sumber ekonomi bagi kita semua, disinilah kita melihatnya sebagai peluang karena adanya proses produksi yang diawali dengan tahapan sosialisasi yang juga melibatkan peran masyarakat setempat secara berjenjang.

Baca Juga  Kementan Wujudkan Pertanian Modern melalui Kaum Milenial

Diakhir ceramahnya, Yusran Akbar terus memberi spirit bagi para mahasiswa agar terus berbesar hati untuk memulai dan membulatkan tekad dalam berwirausaha.

“Kita harus terus bermimpi untuk meraih tujuan sebagai seorang entrepreneurship walaupun itu berangkat dari usaha mandiri dari level bermodal kecil sekalipun,” tandasnya.

Menutup seminar kewirausahaan, penyerahan piagam penghargaan yang diserahkan Ketua Jurusan Ilmu Politik dan Pemerintahan Fisip Unhalu, Dr. H. Najib Husain, S.Sos., M.Si, kepada Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar, ST.(red)