Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Bantah Takut Debat, Gibran Siap Debat Usai Konsultasi dengan Akademisi

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) sudah menentukan jadwal debat capres-cawapres 2024. Cawapres nomor urut 2, Gibran Rakabuming Raka, mengaku sudah menyiapkan diri untuk debat tersebut.

“Sudah disiapkan,” kata Gibran di kawasan Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (3/12/2023).

Gibran mengatakan dirinya juga sudah berkonsultasi dengan akademisi sebagai salah satu persiapan debat. Saat ditanya format debat capres-cawapres yang berubah, Gibran menegaskan dirinya mengikuti aturan yang ada.

“Sudah, sudah (konsultasi akademisi). Ya ikut aturan saja,” ujarnya.

Jadwal Debat Capres-Cawapres KPU
Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan tanggal debat capres-cawapres. KPU akan menggelar debat selama lima kali.

Rencananya, debat akan digelar sebanyak dua kali pada Desember 2023, dua kali pada Januari 2024, dan satu kali pada Februari 2024.

Baca Juga  Luar Biasa! Pemda Konawe Terima WTP Yang Ke-7 Kali Dari Menteri Keuangan

Berikut jadwal debat capres-cawapres:

1. Selasa, 12 Desember 2023
2. Jumat, 22 Desember 2023
3. Minggu, 7 Januari 2024
4. Minggu, 14 Januari 2024
5. Minggu, 4 Februari 2024

Sementara itu capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo merespons terkait tak adanya debat khusus cawapres di Pilpres 2024. Ganjar mengaku siap dengan segala skenario apapun.

Hal itu disampaikan Ganjar usai bertemu dengan anak-anak milenial dan generasi Z di Restoran Dapoer Sasak, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Sabtu (2/12). Ganjar menyebut tak ada masalah meski debat cawapres tak digelar khusus.

“Kalau saya sih mau ada atau tidak ada siap untuk skenario apapun,” ucap Ganjar dalam keterangannya, Minggu (3/12/2023).

Baca Juga  Ditinggalkan, Nasdem Tak Diundang Jokowi Ke Istana

KPU sebelumnya menyatakan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden harus hadir di setiap sesi debat. Namun, KPU akan membedakan proporsi bicara dari capres dan cawapres.

Lima kali debat ini kan calon presiden dan wakil presiden. Ada tiga kali debat capres, dan ada dua kali debat cawapres,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari kepada wartawan, Kamis (1/12).

“Pada dasarnya dalam pertemuan KPU dengan pasangan calon, lima kali debat itu pasangan calon semuanya hadir. Hanya saja proporsinya, bicara, itu yang berbeda,” sambungnya.(SW)