Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Lengkapnya

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Lengkapnya
Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023 Telah Dibuka, Ini Syarat dan Jadwal Lengkapnya (Foto: Canva by Vimallis)

Beasiswa Indonesia Bangkit Kemenag 2023 pendaftarannya telah resmi dibuka mulai tanggal 5 Juni 2023 dan akan berlangsung hingga 25 Juni 2023.

Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023 ini merupakan program yang dikelola oleh Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia bekerjasama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) Republik Indonesia.

Tujuan dari adanya program Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) Kemenag 2023 ini adalah untuk meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan keagamaan di Indonesia. Mulai dari tingkat dasar hingga ketingkat pendidikan tinggi.

Selain itu, program ini juga bertujuan untuk memperluas akses pendidikan agama dan keagamaan bagi para pemangku kepentingan, baik di dalam maupun luar negeri.

BIB memberikan dukungan pendanaan untuk program beasiswa gelar (degree) dan program beasiswa non gelar (non-degree).

Durasi pendanaan Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) ini berbeda-beda, yaitu untuk program D4/S1 maksimal 4 tahun, program S2 maksimal 2 tahun, dan program S3 maksimal 4 tahun.

Baca Juga  PB HMI MPO Nilai Ucapan Zulhas Nistakan Agama

Untuk dapat mendaftar Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendaftar.

Persyaratan ini berlaku untuk setiap program beasiswa, terutama bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memenuhi kriteria tertentu. Beberapa kriteria tersebut antara lain:

  • Alumni pesantren
  • Lulusan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam/Ma’had Aly/Program Beasiswa Santri Berprestasi
  • Alumni Perguruan Tinggi Umum
  • Guru dan Tenaga Kependidikan pada Pendidikan Agama Islam
  • Pendidik dan Tenaga Kependidikan Madrasah
  • Dosen pada Perguruan Tinggi Keagamaan dan Ma’had Aly
  • Dosen Pendidikan Agama Islam
  • Pegawai Kementerian Agama

Selain itu, terdapat kriteria khusus untuk calon pendaftar beasiswa gelar (degree) pada jenjang S1, S2, dan S3.

Misalnya, untuk jenjang S1, calon pendaftar bisa berasal dari siswa Madrasah Aliyah (MA), siswa Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK), atau siswa Pendidikan Diniyah Formal/Pendidikan Mu’adalah/Pendidikan Kesetaraan pada Pesantren Salafiyah/SMA/SMK pada Pondok Pesantren dan sejenisnya.

Baca Juga  Peran Mantan Gubernur Sultra Mencuat Disidang Tipikor Blok Mandiodo, Hakim Minta AM Hadiri Sidang Berikutnya

Sementara itu, untuk jenjang S2 dan S3, terdapat kriteria khusus seperti lulusan Pendidikan Tenaga Kependidikan (PTK), Ma’had Aly, Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB), Perguruan Tinggi Umum (PTU), dan lain sebagainya.

Setelah periode pendaftaran selesai, akan dilakukan seleksi yang terdiri dari beberapa tahap. Tahapan seleksi meliputi seleksi administrasi, seleksi skolastik dan psikotes, seleksi wawancara, dan pengumuman hasil seleksi. Jadwal seleksi BIB Kemenag 2023 sebagai berikut:

  • Pendaftaran: 5 – 25 Juni 2023
  • Seleksi Administrasi: 26 Juni – 2 Juli 2023
  • Seleksi Skolastik dan Psikotes: 7 – 12 Juli 2023
  • Seleksi Wawancara: 17 – 21 Juli 2023
  • Pengumuman Hasil Seleksi: 31 Juli 2023

Bagi para calon penerima beasiswa, ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melanjutkan pendidikan keagamaan mereka dan mendapatkan dukungan finansial yang dibutuhkan.

Baca Juga  Berikan Kuliah Umum, Kepala BPPSDMP Kementan sebut Pemuda Andalan Pertanian Masa Depan

Dengan adanya Beasiswa Indonesia Bangkit (BIB) 2023, diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan keagamaan di Indonesia serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkompeten di bidang agama.