Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Bupati Buton Utara Ajak Semua Golongan Peduli Dengan Masalah Lingkungan

BUTON UTARA – Bupati Kabupaten Buton Utara (Butur) Muh. Ridwan Zakariah, didampingi Dandim 1429/Butur Letkol Inf. Acuk Andrianto, bersama Kapolres Butur AKBP Herman Setiadi memimpin Apel gabungan TNI-Polri serta elemen Pemda dan masyarakat dalam kegiatan Karya Bakti Pembersihan Daerah Aliran Sungai (DAS) dan Penanaman Pohon.

Kegiatan Karya Bakti tersebut digelar atas inisiasi Kodim 1429/Butur, bekerja sama dengan Pemda Butur, Polres Butur dan Masyarakat, yang dipusatkan di Desa Eelahaji, Kecamatan Kulisusu, Jumat (08/12/1/2023).

Dalam sambutannya, Ridwan Zakariah mengatakan bahwa gerakan pembersihan dan penanaman pohon merupakan upaya penting untuk menciptakan dan membangun lingkungan yang sehat, khususnya lingkungan di sekitar.

Baca Juga  Terkait Penggunaan Jalan Desa, LSM LIRA Konsel Akan Laporkan PT. WIN ke Pihak APH

Hutan ataupun pohon merupakan hal yang memiliki manfaat bagi mahluk hidup, khususnya bagi manusia.

“Karena Hutan dan pohon inilah yang paling banyak menyumbangkan oksigen sebagai kebutuhan dasar manusia sehari-hari,” ungkap Bupati Butur, Ridwan Zakariah.

Harapannya, kegiatan penanaman pohon dan pembersihan lingkungan dapat dilakukan setiap saat, sebab masalah lingkungan hidup merupakan bahagian yang saling terkait dengan kebutuhan manusia itu sendiri.

Oleh sebab itu, pihaknya terus mendorong semua unsur untuk peduli terhadap lingkungan, apa lagi situasi alam seperti saat ini menunjukan cuaca panas berkepanjangan (elnino), patut diwaspadai.

Sebab, situasinya dapat menyebabkan kekeringan air dan mengancam terjadinya kebakaran.

Untuk diketahui, usai gelar apel bersama, Bupati bersama Dandim dan Kapolres diikuti sejumlah Pimpinan OPD dan pasukan yang terdiri dari TNI, Polri, Satpol-PP, DLH, BPBD, Karangtaruna dan Masyarakat setempat melaksanakan pembersihan dan penanaman pohon di sekitar aliran sungai dan jembatan Eelahaji.(**)