Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Catat! Inilah Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI

IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor identitas internasional yang terdiri dari 15 digit angka.

Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI
Cara Melacak HP yang Hilang dengan IMEI (Foto:Canva)

Cara melacak HP yang hilang ini bisa dengan beberapa cara, mulai dari melalui akun Google, WhatsApp hingga dengan cara IMEI.

Apa itu IMEI HP? IMEI atau International Mobile Equipment Identity merupakan sebuah nomor identitas internasional yang terdiri dari 15 digit angka.

Peraturan IMEI ini juga telah dibuat oleh pemerintah dengan tujuan untuk dapat mencegah peredaran perangkat telekomunikasi ilegal di Indonesia.

Dengan adanya aturan tersebut, maka setiap perangkat yang ada akan dikenakan aturan seperti ponsel (handphone/hp), komputer maupun tablet ini wajib memiliki nomor IMEI yang terdaftar dalam pusat data Kemendag, Kemenperin dan juga telah diverifikasi oleh Kemenkominfo.

Jika nomor IMEI tidak terdaftar, maka perangkat tersebut tentu saja tidak akan dapat digunakan. Sehingga, kartu SIM pengguna tersebut juga akan ikut diblokir.

Baca Juga  Cara Memblokir STNK Secara Online, Solusi Praktis untuk Menghindari Pajak Progresif

Umumnya, nomor IMEI tersebut terdiri atas 14 hingga 16 angka dan satu ponsel bisa juga memiliki dua IMEI, hal itu karena tergantung dari jumlah slot kartu SIM yang tersedia pada gadget.

Nomor IMEI ini juga terdapat di ponsel maupun tablet dengan sistem operasi android maupun iOS.

Dalam rangkaian nomor tersebut, maka akan terdapat sebuah informasi mengenai perangkat lunak yang digunakan HP tersebut.

Format IMEI ini umumnya adalah AA-BBBBBB-CCCCCC-D yang artinya, kode A dan B ini adalah TAC atau Type Allocation Code. Dimana TAC ini nantinya akan menunjukkan suatu negara dari pembuatan model dan HP tersebut.

Cara Melacak HP dengan IMEI

Berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melacak hp yang hilang dengan IMEI.

Baca Juga  5 Cara Memanfaatkan Kecerdasan Buatan (AI) untuk Berbisnis: Meningkatkan Efisiensi dan Keuntungan

Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan terlebih dahulu adalah kamu harus mengetahui nomor IMEI, berikut ini cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui nomor IMEI, yaitu:

  • Ketikkan terlebih dahulu *#06# tanpa mengetuk atau memencet tombol panggilan. Maka secara otomatis nomor IMEI kamu akan segera muncul.
  • Jika nomor IMEI HP tidak muncul, maka kamu bisa menggunakan setting atau pengaturan di hp.
  • Setelah kamu masuk ke pengaturan HP, kemudian kamu akan masuk ke perangkat atau “about phone” dan nantinya akan ada informasi mengenai nomor imei yang sudah tercantum.
  • Kamu juga bisa mengecek IMEI di kardus perangkat yang letaknya terdapat di bagian samping boks tersebut.

Jika kamu telah mengetahui nomor IMEI tersebut, maka jangan lupa untuk mencatatnya supaya saat terjadi kehilangan, kamu masih mengingat nomor tersebut.

Baca Juga  5 Rekomendasi HP Gaming Murah dengan Performa Terbaik di Kisaran Harga 2 Jutaan

Selanjutnya, kamu bisa meminta pihak berwenang untuk melacak HP yang hilang tersebut dengan menggunakan nomor IMEI yang sudah kamu ketahui.

Bahkan, kamu juga bisa meminta bantuan untuk mencari HP yang hilang ke provider HP tersebut untuk melacak nomor IMEI tersebut. Selamat mencoba.