Breaking News

CV Lamaran Kerja, Ini Cara Membuatnya dengan Baik dan Benar

CV ini mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional hingga masih banyak yang lainnya.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar
Cara Membuat CV Lamaran Kerja yang Baik dan Benar (Foto:Canva)

CV lamaran kerja adalah dokumen yang berisi daftar riwayat hidup calon pelamar kerja. Selain itu, dokumen ini juga menggambarkan pengalaman seseorang.

Cara membuat CV yang baik dan benar ini menjadi pengetahuan dasar sebelum kamu akan melamar pekerjaan disebuah perusahaan.

Jadi, CV atau Curriculum Vitae ini adalah sebuah dokumen yang digunakan oleh pelamar kerja untuk menunjukkan prestasi akademik dan profesional mereka.

Umumnya, informasi yang disebutkan dalam sebuah daftar riwayat hidup atau CV ini mencakup data pribadi, latar belakang pendidikan, prestasi, keterampilan, pengalaman profesional hingga masih banyak yang lainnya.

Cara Membuat CV Lamaran Kerja

Inilah beberapa cara membuat CV lamaran kerja yang baik dan benar, yaitu:

  1. Memasukkan Identitas Diri

Identitas diri tentu saja sangat dibutuhkan dalam CV, karena identitas ini bertujuan untuk perusahaan yang kamu lamar dapat mengetahui tentang siapa diri kamu.

Baca Juga  Puluhan Pelajar Konawe Ramaikan Sosialilasi Pemilih Pemula Oleh Bawaslu

Secara umum,  identitas diri yang dapat dimasukkan dalam CV lamaran kerja adalah nama lengkap, nomor telepon, email, alamat maupun media sosial serta jangan lupa juga memberikan foto dengan pakaian yang sopan di dalam CV yang kamu buat.

  1. Memasukkan Jenjang Pendidikan

Jenjang pendidikan ini menjadi salah hal informasi penting yang perlu dicantumkan di dalam CV. Jenjang pendidikan ini bisa menjadi salah satu penilaian HRD perusahaan, seperti apakah pendidikan yang anda miliki sesuai dengan kualifikasi lowongan kerja yang anda lamar atau tidak.

  1. Memasukkan Pengalaman Kerja

Perlu diketahui, sebuah perusahaan ini tentu saja akan lebih menyukai pelamar kerja yang sudah memiliki pengalaman kerja sebelumnya.

Artinya, semakin banyak pengalaman kerja atau semakin lama kamu bekerja di sebuah perusahaan, maka tentu saja kamu akan memiliki nilai tambah di mata perusahaan yang kamu lamar.

  1. Memasukkan Pengalaman Organisasi
Baca Juga  Kuliah Umum Mentan: Motivasi Milenial Untuk Sukses Jadi Pengusaha Tani

Apabila selama menempuh pendidikan kamu mengikuti atau bergabung dalam sebuah organisani, maka sebaiknya pengalaman tersebut dimasukkan ke dalam  CV lamaran kerja.

Dengan memasukkan pengalaman organisasi ini tentu saja akan memberikan nilai tambah.

Nah, buat kamu yang tidak ikut organisasi maka kamu juga bisa memasukkan pengalaman sebagai panitia atau volunteer.

  1. Memasukkan Keahlian yang Dimiliki

Saat membuat CV lamaran kerja, kamu juga bisa memasukkan keahlian kamu ke dalam CV, karena poin tersebut bisa menambah kualitas dari CV itu sendiri.

  1. Tuliskan Capaian Hingga Penghargaan yang Pernah Diraih

Apabila kamu mempunyai sebuah capaian khusus, maka itu akan menjadi sebuah nilai lebih. Usahakan juga untuk menulis capaian atau penghargaan tersebut secara detail, termasuk di tahun berapa, di mana dan seberapa besar pengaruhnya.

  1. Tuliskan secara Singkat, Padat, dan Jelas
Baca Juga  Sertifikasi Profesi, Lulusan Polbangtan Kementan dinyatakan Kompeten dan Bersertifikat Supervisor

Saat sudah melengkapinya, maka kamu bisa menjelaskannya secara singkat, padat dan jelas. Jadi, sebisa mungkin kamu harus menggunakan kata yang kaya makna, cerdas maupun efisien.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *