Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Dikabarkan Sakit Parah, Ini Kondisi Luhut yang Sebenarnya

JAKARTA – Kondisi kesehatan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan sedang menurun. Sejak akhir pekan lalu ramai dikabarkan Luhut sakit dan disebut-sebut dilarikan ke rumah sakit di Singapura.

Kabar itu lalu dibantah oleh sejumlah pihak, mulai dari juru bicaranya hingga koleganya para menteri di Kabinet Indonesia Maju. Belakangan, Luhut mengunggah postingan lewat akunnya di Instagram dan mengabarkan dirinya sakit. Ia menceritakan harus menjalani perawatan di rumah sakit dan disarankan oleh dokter untuk beristirahat selama beberapa hari.

Untuk menggantikan posisi sementara Luhut yang sedang sakit dan menjalani perawatan, Presiden Joko Widodo atau Jokowi menunjuk Menteri BUMN Erick Thohir untuk menjadi Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Ad-Interim. Erick dipilih untuk menggantikan posisi sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menjalani masa perawatan.

“Karena saat ini Pak LBP (Luhut Binsar Pandjaitan) Menko Marves sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Erick Thohir, Menteri BUMN sebagai Menko Marves Ad-interim,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Joko Widodo, AAGN Ari Dwipayana di Jakarta, Rabu, 11 Oktober 2023.

Baca Juga  Tak Kunjung Lunasi Ganti Rugi Lahan, PT KDI Didemo Puluhan Masyarakat Konut

Melalui akun Instagram pribadinya @luhut.pandjaitan pada Selasa, 10 Oktober 2023, Luhut menceritakan awal mula dirinya jatuh sakit. Awalnya, dirinya tiba-tiba merasa sangat kelelahan setelah menghadiri suatu kegiatan.

“Tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja,” kata Luhut.

Melihat kondisi kesehatan Luhut yang menurun, sang istri yaitu Devi Simatupang berinisiatif membawa suaminya ke salah satu rumah sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut. Dengan kondisi kesehatan seperti itu, dokter tidak mengizinkan Luhut untuk beraktivitas seperti biasa selama beberapa hari.

Setelah beberapa hari dirawat di rumah sakit di Jakarta, Luhut mendapat tawaran dari koleganya, yakni Senior Minister Singapura Teo Chee Hean dan Menteri Luar Negeri Singapura Vivian Balakhrisnan untuk menjalani perawatan di Singapura. Ia pun kini sedang berada di Singapura untuk menjalani tahap pemulihan.

Baca Juga  Sakitnya Lukas Enembe Masih Layak Jalani Penahanan

“Setelah mendapat tawaran dari sahabat saya, Senior Minister Teo Chee Hean dan Menlu Singapura Vivian Balakrishnan untuk menjalani tahap pemulihan di Singapura,” ucap Luhut lewat Instagram pribadinya, Selasa, 10 Oktober 2023,

Di Singapura, Luhut menceritakan akan melakukan pemeriksaan medis dan evaluasi yang lebih komprehensif ihwal kesehatannya. Tidak hanya itu, Presiden Joko Widodo juga mengutus tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk Luhut. Tim tersebut akan merawat Luhut hingga kondisinya membaik.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden Jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini,” kata Luhut Pandjaitan.

Sebagai pejabat publik, Luhut mengaku memahami bahwa kondisinya perlu diketahui publik. Oleh karena itu, ia memutuskan untuk membagikan kabar terkini soal kesehatannya yang menurun melalui Instagram pribadinya.

Baca Juga  Struktur Pengurus Terbentuk, Bendera DPC PPWI di Konawe Selatan Siap Dikibarkan

Luhut turut mengucapkan terima kasih atas perhatian dan doa yang diberikan padanya ketika dirinya sakit. Lebih lanjut, dia menuturkan di saat-saat seperti ini, dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia adalah kekuatannya untuk tetap semangat agar pulih kembali.

“Karena sebagai makhluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik Anda semua,” tutur Luhut.(SW)