Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Dorong Percepatan Ekonomi Warga, Yusran Akbar Bantu Perbaikan JUT di Wawonggole

UNAAHA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Konawe kembali membantu perbaikan Jalan Usaha Tani (JUT) sepanjang 1,5 km melalui program Kadin Konawe Peduli di Kelurahan Wawonggole, Kecamatan Unaaha, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Senin, 19/6/2023.

Menurut Ketua Kadin Konawe, Yusran Akbar ST bahwa Pekerjaan perbaikan JUT ini salah satu tujuannya mendorong percepatan ekonomi warga Kelurahan Wawonggole yang berada di lingkar Kota Unaahaa ini yang juga memiliki lahan area persawan dan perkebunan.

“Salah satu tujuan dari program Kadin Konawe Peduli adalah peningkatan ekonomi warga dari sektor pertanian dan perkebunannya melalui perbaikan jalan usaha tani, agar memudahkan akses warga menuju area persawahan dan kebunnya,” kata Ketua Kadin.

Baca Juga  Demi Kelancaran Akses Petani, Yusran Akbar Bantu Pembuatan JUT Warga Palarahi

Tentunya, lanjut Ketua Kadin Konawe, dengan terbukanya akses jalan akan lebih meningkatkan hasil produksi petani selain memangkas biaya angkutan yang relatif cukup besar cenderung tidak berimbang dengan hasil keuntungan yang didapatkan petani.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Investasi Kadin Konawe, Jemi S Imran yang berada di lokasi perbaikan jalan Kelurahan Wawonggole kepada awak media menjelaskan bahwa bantuan perbaikan salah satu infrastruktur dasar ini diharapkan dapat menghasilkan nilai tambah bagi peningkatan pendapatan masyarakat, baik itu dari sektor pertanian maupun pengusaha UMKM.

“Kita berharap dengan bantuan perbaikan JUT, akan menambah pendapatan keluarga petani di kelurahan ini, seiring optimisnya pengusaha UMKM membeli dan mengangkut hasil produksi petani,” ujar Jemi.

Baca Juga  SYL Dorong Petani Milenial Bangun Konsepsi dan Networking

Lebih lanjut Jemi, Bantuan perbaikan JUT dari Kadin Konawe ini juga merupakan salah satu stimulus sebagai penunjang penguatan ekonomi daerah di sektor pertanian dan perkebunan.

Di tempat yang sama, apresiasi warga kepada Ketua Kadin Konawe sangat antusias atas bantuan perbaikan JUT yang dikerjakan dikelurahannya.

salah satunya Awaluddin, warga Kelurahan Wawonggole, Kecamatan Unaaha ini memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas bantuan perbaikan jalan dari Kadin Konawe.

”Saya ucapkan terima kasih buat Pak Kadin (Yusran Akbar) yang telah melakukan perbaikan jalan usaha tani di lingkungan 03,” ucapnya.

Selama ini kata Awaluddin, para petani mengeluarkan biaya cukup tinggi untuk membayar pengangkutan hasil panen, hal itu disebabkan infrastruktur jalan yang tidak mendukung.

Baca Juga  Redmi Note 13 Pro Max: Inilah Keunggulannya

”Dengan perbaikan ini, para petani sangat dibantu, karena biaya ojek gabah untuk diangkut keluar dari lokasi persawahan tidak lagi tinggi,” ungkapnya. (Red)