Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Kadin Konawe Bantu Pembuatan JUT di Desa Watarema

UNAAHA – Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Konawe, kembali membantu pembuatan Jalan Usaha Tani (JUT) untuk memudahkan akses masyarakat ke lahan perkebunannya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi desa.

Kali ini bantuan JUT yang dikemas dalam Program Kadin Konawe Peduli mengerjakan pembuatan jalan baru sepanjang 1,5 km berada di Dusun Satu, Desa Watarema, Kecamatan Lambuya, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, Selasa (11/7/2023).

Menurut Koordinator Perbaikan Infrastruktur JUT Desa Kadin Konawe Untuk Wilayah Asaki Raya, Eprianita Lasahari S Hut kepada awak media menjelaskan bahwa pekerjaan perbaikan JUT Desa dari Kadin Konawe ini merupakan bentuk upaya Kadin Konawe secara mandiri untuk membantu masyarakat dan pemerintah desa dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi dari perdesaan disektor pertanian dan perkebunan.

Baca Juga  Dorong Percepatan Ekonomi Warga, Yusran Akbar Bantu Perbaikan JUT di Wawonggole

“Pembuatan JUT 1,5 km di Desa Watarema ini murni bantuan dari Program Kadin Konawe Peduli sebagai stimulan bagi masyarakat dan pemerintah desa untuk memacu pertumbuhan ekonominya,” ujar Epri sapaan akrab Eprianita Lasahari yang juga sebagai salah satu Wakil Ketua Umum (WKU) Bidang Pemberdayaan Perempuan Kadin Konawe.

Lebih lanjut Epri, selain sektor pertanian dengan hamparan persawahannya, Desa Watarema juga memiliki komuditi andalan tanaman perkebunan dan palawija yang dibudidayakan. Seperti buah jeruk dan tanaman sayur-sayuran yang umumnya dibeli langsung pedangang pengumpul yang menyuplai sejumlah pasar di Kota Unaaha dan Wawotobi.

“Pengerjaan JUT di Dusun Satu ini untuk memudahkan akses warga ke lahan perkebunannya dan memangkas biaya transportasi, sewa angkut hasil produksi, serta akan menjadi pengembangan area pemukiman baru bagi warga di Desa Watarema ini,” imbuhnya.

Baca Juga  Perkuat Kelembagaan Pertanian,Kementan Bentuk Koperasi Komoditi Kakao

Sementara itu, ditempat yang sama salah satu tokoh masyarakat Desa Watarema, H Tahir memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Ketua kadin Konawe, Yusran Akbar ST beserta seluruh pengurusnya yang mengawal proses pengerjaan pembuatan Jalan Usaha Tani di desanya.

“Saya H Tahir salah satu pemilik lahan pribadi mengucapkan terima kasih kepada Ketua Kadin Konawe, pak Yusran Akbar atas bantuannya mengerjakan Jalan Usaha Tani di Desa Watarema, semoga sukses selalu dan bernilai amal pahala,” tutupnya.(Red)