Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Fitur Screen Sharing WhatsApp, Berbagi Layar dalam Panggilan Video Seperti Zoom!

Fitur Screen Sharing WhatsApp
Fitur Screen Sharing WhatsApp (Foto: Canva by LoboStudioHamburg)

Fitur screen sharing WhatsApp bisa berbagi layar dalam panggilan video seperti Zoom. WhatsApp salah satu aplikasi pesan instan paling populer di dunia, telah menguji fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk berbagi layar selama panggilan video.

Fitur terbaru dari WhatsApp ini mengikuti jejak kesuksesan fitur serupa yang ada pada aplikasi Zoom.

Fitur screen sharing ini dirancang untuk memungkinkan peserta video konferensi melihat tampilan layar pengguna yang membagikan, dan memiliki berbagai penerapan yang berguna, termasuk dalam presentasi.

Menurut laporan dari WaBetaInfo, pembaruan fitur screen sharing ini diluncurkan dalam program Google Play Beta pada versi 2.23.11.19.

Fitur tersebut saat ini hanya tersedia untuk sejumlah penguji beta yang telah memasang pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.11.19 dari Google Play Store.

Baca Juga  Mudahnya Bayar Pajak Motor Tanpa Antre di Samsat, Cuma Perlu Aplikasi Ini!

Dalam tangkapan layar yang dibagikan oleh WaBetaInfo, terlihat bahwa pengguna akan diminta untuk membagikan layar mereka dengan mengetuk ikon baru yang terletak di tampilan kontrol panggilan.

Setelah memilih untuk membagikan layar, semua yang ditampilkan pada layar pengguna akan direkam dan dibagikan dengan penerima panggilan.

Perlu diingat bahwa fitur screen sharing ini mungkin tidak tersedia pada versi Android yang lebih lama.

Selain itu, berbagi layar kemungkinan tidak akan berfungsi dengan baik dalam panggilan grup yang beranggotakan banyak orang, dan penerima mungkin tidak dapat melihat konten layar jika mereka menggunakan versi WhatsApp yang lebih lama.

Pengguna memiliki kendali penuh atas fitur ini dan dapat menghentikan proses screen sharing kapan saja selama panggilan video.

Transmisi konten layar akan berlangsung selama panggilan, tetapi pengguna dapat dengan mudah menghentikannya sesuai keinginan.

Baca Juga  Spesifikasi Unggulan Samsung Galaxy S21 FE 5G yang Masih Layak Dibeli di 2023

Untuk mengaktifkan fitur screen sharing ini, pengguna harus memberikan persetujuan untuk membagikan konten layar mereka.

Setelah memperbarui aplikasi WhatsApp ke versi beta 2.23.11.19 untuk Android, pengguna mungkin akan melihat beberapa perubahan kecil terkait tampilan bilah navigasi bawah.

Dalam laporan yang dikutip dari Business Insider, ketika pengguna mengetuk tombol tersebut, akan muncul jendela pop-up dengan opsi untuk memulai merekam dengan WhatsApp.

Dengan menekan tombol “mulai sekarang”, pengguna dapat mulai berbagi layar mereka selama percakapan di WhatsApp. Berbagi layar dapat diakhiri kapan pun dengan menekan tombol untuk mengakhiri fungsi tersebut.

Fitur screen sharing WhatsApp saat ini masih dalam tahap uji coba beta dan hanya tersedia untuk sejumlah pengguna beta. Bagi pengguna non-beta, kita harus bersabar dan menunggu beberapa minggu ke depan untuk bisa mengakses fitur ini.

Baca Juga  Performa Terbaik dengan 6 HP Terbaru yang Dilengkapi Spesifikasi Dewa, Rilis di Indonesia Juli 2023

Dengan adanya fitur screen sharing WhatsApp, aplikasi ini semakin lengkap sebagai alat komunikasi yang multifungsi dan berguna dalam berbagai situasi, termasuk pertemuan bisnis, presentasi, dan kolaborasi jarak jauh.