Breaking News

Demi Tingkatkan Pengetahuan Pengurus, PKK Koltim Gelar Sejumlah Pelatihan

KOLAKA TIMUR – Tim Penggerak PKK Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), terus berupaya untuk meningkatkan pengetahuan seluruh aspek kehidupan bagi pengurus disemua tingkatan, Rabu (2/11/2022).

Untuk itu, TP PKK Koltim yang dipimpin ibu Hartini Azis, A.Ma, menggelar Pelatihan Administrasi PKK Desa Kelurahan, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan HIV Aids, Pelatihan Pengelolaan Up2k-Pkk Dan Sosialisasi Iva Test Tahun 2022, bertempat di Aula Pemda Koltim.

Dalam sambutannya, Ketua TP PKK Koltim Hartini Azis, A.Ma, menjabarkan sejumlah item pelatihan dan tujuannya.

“Pertama Pelatihan Adminitrasi bagi Tim Penggerak PKK Desa Kelurahan bersama pengurus, tujuannya untuk meningkatkan Tertib Administrasi pada seluruh pengurus Tim Penggerak PKK baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan, Desa Kelurahan bahkan sampai ke Dasawisma,” kata dia.

“Dan ini merupakan salah satu kunci keberhasilan PKK dalam Organisasi Pemerintah Kabupaten, melalui kegiatan Tertib Administrasi, termasuk pencatatan, data yang akurat dan pelaporan sccara berjenjang yang menjadi pola dasar kebijakan dalam menyusun program kegiatan yang tepat guna dan tepat sasaran,” lanjutnya.

Baca Juga  Pj Bupati Konawe Bakal Evaluasi OPD Jika Gaji ASN dan PPPK Tak Segera Dibayarkan

Namun, sudah menjadi tugas dan tanggung jawab kita bersarma agar generasi muda dan masyarakat menjadi sehat dan sejahtera untuk itu Tim Penggerak PKK sebagai mitra pemerintahan turut serta untuk meminimalisir terhadap penyalahgunaan Narkoba maupun terhadap penyebaran Virus HIV Aids di masyarakat.

“Kedua, Penyuluhan Bahaya Narkoba dan HIV Aids. Karena Narkoba dan penyebaran Virus HIV Aids merupakan 11 tanggung jawab lintas sektor, baik di Pemerintahan maupun Masyarakat, pemberantasan peredaran dan penyalahgunaan Narkoba dan Obat-obatan berbahaya serta penularan Virus HIV Aids bukan hanya menjadi tanggung jawab pemerintah,” terangnya.

“Ketiga, Pelatihan Pengelolaan UP2K-PKK bertujuan untuk meningkatkan pemahaman Tim Penggerak PKK dan Kader PKK tentang Pengelolaan Pengembangan Usaha Ekonomi Keluarga (UP2K-PKK), maka Tim Penggerak PKK Kabupaten akan melaksanakan Pelatihan Pengelolaan Usaha serta tatacara pengisian 3 Buku UP2K-PKK sehingga Kelompok-kclompok usaha di masyarakat dapat di kelola secara baik dan dapat menghasilkan,” lanjutnya lagi

Baca Juga  Dihadiri Seluruh Personil, Polres Konawe Gelar Upacara Hari Kesaktian Pancasila 

“Lalu yang ke empat, adalah Sosialisasi IVA Test dan kelima sebut Hartini Azis, sosialisasi Kanker Serviks,” pungkasnya.

Tujuannya adalah, karena salah satu gangguan yang kerap terjadi pada wanita, penyakit ini dapat mempengaruhi sel-sel di leher rahim yang dapat membahayakan jika tidak segera di tangant. Meski gejalanya dapat muncul setelah sel kanker sudah menyebar sehingga penanganan dini sulit dilakukan. Maka dari itu, Tim Penggerak PKK Kabupaten akan memberikan Sosialisasi dan pembinaan terhadap program IVA Test.

Sementara Hj. Saida, SH, selaku ketua panitia kegiatan tersebut melaporkan, jika tujuan pelaksanaan kegiatan ini yakni, untuk menyamakan presepsi tentang pelaksanaan penerapan 10 Program Pokok PKK secara berjenjang dan tersosialisasinya pelaksanaan Hasil Rakernas IX PKK Tahun 2021 secara berjenjang.

Baca Juga  PT. WIN Membantah Tuduhan LPMT Sultra, Begini Penjelasannya

“Terimakasih kepada Ibu Ketua TP-PKK Kabupaten Kolaka Timur yang begitu banyak memberi bantuan dan perhatian terhadap kegiatan ini sehingga dapat terlaksana sesuai yang diharapkan, begitu pula bapak/ibu Pengurus PKK yang setia membantu kami sehingga pelaksanaan kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik dan berjalan lancer,” jelasnya. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *