Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Hadiri Pertemuan Forum Asia Pasifik, Harmin Ramba Dorong Pengembangan Transportasi Cerdas Ramah Lingkungan di Konawe

Pj Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, SE, MM, didampingi Asisten II Setda Konawe, Kabag Humas dan Protokoler saat menghadiri acara pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik di Jakarta

JAKARTA – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba menghadiri acara pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan RI bersama Intelligent Transport System (ITS) Indonesia dan Sekretariat ITS Asia Pasifik.

Acara yang dilangsungkan di Jakarta Convention Center (JCC) ini mengusung tema “Transformasi menuju Mobilitas Perkotaan yang Berkelanjutan dan Cerdas” dengan tujuan untuk membahas perkembangan terbaru dalam bidang transportasi di kawasan Asia Pasifik.

Diketahui, pertemuan ke-19 Forum Asia Pasifik ini dibuka langsung oleh Wakil Presiden RI, Mar’ruf Amin, dan turut dihadiri seluruh kepala daerah baik Gubernur maupun Bupati dan Walikota se-Indonesia termasuk perwakilan negara-negara Asia Pasifik.

Melansir berita Wapresri.go.id, Selasa (29)5/24), Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin mengatakan “Pertemuan hari ini merupakan kesempatan terbaik untuk saling bertukar informasi dan berbagi pengalaman sehingga dapat membantu penentuan arah kebijakan di masing-masing negara. Jadikan forum ini sebagai wadah strategis bagi negara-negara anggota untuk mengembangkan Kota Pintar dengan sistem transportasi cerdas sebagai tulang punggungnya,” kata Wapres, Ma’ruf Amin.

Baca Juga  Peduli Sesama, Yudhianto Mahardika Gerak Cepat Bantu Korban Banjir di Kendari

Wapres juga menekankan pentingnya peningkatan kolaborasi lintas sektor baik pemerintah, swasta, maupun akademisi untuk menciptakan solusi komprehensif bagi mobilitas perkotaan yang lebih baik.

“Solusi ini akan mendorong perwujudan dunia yang lebih baik bagi generasi penerus kita,” imbuhnya.

Lebih lanjut, Wapres meminta agar literasi publik terkait penggunaan transportasi cerdas terus ditingkatkan melalui publikasi dan edukasi.

“Masyarakat perlu mengetahui manfaat dan cara penggunaan sistem ini guna meningkatkan aktivitas ekonomi dengan tetap mengedepankan prinsip ramah lingkungan,” ucapnya.

Selain itu Wapres Ma’ruf Amin juga menginstruksikan agar perkembangan teknologi transportasi diterapkan secara inklusif dan berkeadilan. Menurutnya, hal ini untuk memastikan bahwa setiap orang dan setiap negara mendapatkan manfaat.

Baca Juga  Soal Bawaslu Imbau Pj Bupati Konawe Agar Tidak Lakukan Pergantian Pejabat, Aljumatul Sebut Bawaslu Melampaui Tupoksinya

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan Forum Asia Pasifik dalam rangka mengembangkan sistem transportasi cerdas seperti penggunaan kendaraan listrik dengan mengutamakan aspek ramah lingkungan dengan menargetkan nol emisi karbon.

“Saya berharap melalui forum Asia Pasifik ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan kerjasama regional dalam menghadapi tantangan dan peluang dibidang transportasi,” kata Harmin Ramba.

Menurutnya, pertemuan forum Intelligent Transport System (ITS) Asia Pacific Forum yang ke-19 tahun ini merupakan kegiatan yang luar biasa dalam mendorong pengembangan transportasi darat yang ramah lingkungan, sehingga ke depan masyarakat dapat menikmati dan mengakses dengan baik terutama masyarakat Konawe sebagai kota padi.(**)