Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Harmin Ramba Hadiri Upacara Melasti dan Perayaan Hari Raya Nyepi Umat Hindu Konawe

Ketgam: Pj Bupati Konawe saat menyampaikan sambutan di Upacara Melasti dan Perayaan Hari Raya Nyepi Tahun Baru Caka 1946

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, menghadiri Upacara Melasti bersama ribuan Umat Hindu dari berbagai wilayah se-Kabupaten Konawe di Bendungan Wawotobi, Desa Anggopiu, Kecamatan Uepai.

Upacara Melasti ini merupakan kegiatan ibadah bagi umat Hindu dalam menyambut perayaan Hari Raya Nyepi tahun Baru Caka 1946 tahun 2024.

Tujuan dari upacara ini ialah untuk membersihkan aura negatif yang ada didalam diri manusia dan alam semesta.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh umat Hindu atas keberagaman dan toleransi antar umat beragama yang telah terjalin di Kabupaten Konawe.

“Terima kasih atas undangannya, sebenarnya saya masih harus berada di Jakarta hari ini, namun karena upacara Melasti adalah kegiatan yang sangat berharga bagi saya, makanya saya berusaha hadir ditempat ini,” ungkap Harmin Ramba, Jum’at, 8 Maret 2024.

Baca Juga  Bakal Segera Dilantik, Ini Beberapa Agenda Harmin Ramba Sebagai Pj Bupati Konawe

“Saya harap, umat Hindu di Konawe tidak merasa sebagai orang Bali tetapi sudah menjadi orang Konawe,” tambahnya.

Ia juga menekankan pentingnya menjaga dan merawat keharmonisan serta kerukunan antar umat beragama dalam membangun konawe yang sejahtera.

“Momentum Melasti bagi umat Hindu dan Ramadhan bagi umat muslim semoga memberikan hikmat bagi kita semua dalam merawat keberagaman di daerah kita,” pungkasnya.

Diketahui dalam upacara tersebut turut hadir, Ketua Parisadha Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi Sulawesi Tenggara, I Nyoman Sudiana, S.Pd., M.Pd., Ketua PHDI Konawe, Ketut Suciko, S.Pd, M.Pd., anggota DPRD Konawe, Kadek Rai Suriani, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Konawe, juga beberapa Pimpinan OPD.(Red)