Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Harmin Ramba Ziarah ke Makam Raja Lakidende lalu Gelar Adat Mosehe

KONAWE – Setelah memimpin upacara peringatan hari ulang tahun HUT Konawe yang ke 64, Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba bersama mantan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Lukman Abunawas (LA) melakukan ziarah ke makam Raja Lakidende lalu menggelar prosesi adat Mosehe (Tradisi Suku Tolaki) di Unaha, Minggu (03/3/2024).

Selain dihadiri Harmin Ramba dan Lukman Abunawas, ziarah ke makam Raja Lakidende ini juga turut dihadiri Kasrem HO, tokoh adat, tokoh masyarakat dan bersama rombongan lainnya.
Dalam suasana yang penuh khidmat, tampak mereka memberikan penghormatan dan doa untuk daerah konawe kota padi.

Dari pantauan awak media, selain ziarah ke makam Raja Lakidende, juga dilaksanakan prosesi adat Mosehe (Tradisi Suku Tolaki) yang dirangkaikan dengan pemotongan satu ekor kerbau putih sebagai rasa syukur dan penghormatan kepada para leluhur.

Baca Juga  Suhartoyo Gantikan Anwar Usman sebagai Ketua MK

Harmin Ramba mengungkapkan, bahwa prosesi adat Mosehe memiliki makna yang mendalam pada konteks budaya Suku Tolaki di Konawe.

“Ini adalah bentuk penghargaan kita kepada leluhur dan tradisi yang telah membentuk kearifan lokal masyarakat Konawe,” katanya.

“Semoga dengan menjalankan tradisi ini, kita dapat mempertahankan nilai-nilai luhur dan kekayaan budaya kita,” jelasnya.(Red)