Breaking News

Tak Sabar Menanti Lebaran 2023? Ini Jadwal Sidang Isbat dan Prediksi Tanggal Hari Raya

Jadwal Sidang Isbat dan Prediksi Tanggal Hari Raya
Jadwal Sidang Isbat dan Prediksi Tanggal Hari Raya (Foto:Canva)

Jadwal sidang isbat dan prediksi tanggal Hari Raya Idul Fitri 2023. Puasa Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri merupakan momen penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Menunggu penentuan hari raya ini selalu menjadi momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Lantas, kapan jadwal sidang isbat 2023?

Tahun ini, kita kembali menantikan sidang isbat penentuan Hari Raya Idul Fitri 2023 yang akan diselenggarakan pada Kamis, 20 April 2023.

Meski belum ada pengumuman resmi dari pemerintah terkait penetapan Hari Raya Idul Fitri, namun PP Muhammadiyah telah lebih dulu mengumumkan penentuan 1 Syawal melalui konferensi pers penetapan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijjah 1444 H.

PP Muhammadiyah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 2023 atau 1 Syawal 1444 H jatuh pada 21 April 2023 yang artinya tiga hari lagi untuk menuju Lebaran 2023.

Baca Juga  Kementan Gelar Public Hearing, Tindak Lanjut Perpres Penyuluhan Pertanian

Penentuan yang dilakukan ini diketahui berdasarkan pada metode hisab hakiki wujudul hilal. Metode ini akan menitikberatkan pada posisi geometris benda-benda langit seperti Bumi, Matahari dan Bulan.

Metode ini berbeda dengan metode ru’yah atau pengamatan langsung hilal. Sebagaimana penuturan Ketua PP Muhammadiyah Prof Dr H Syamsul Anwar MA yang menjelaskan bahwa penentuan awal bulan Qamariah versi Muhammadiyah tidak berdasarkan penampakan.

Sedangkan, untuk negara-negara Islam di seluruh dunia ini nantinya akan melakukan pengamatan bulan sabit Syawal tepatnya pada Kamis, 20 April 2023.

Pengamatan ini dilakukan untuk menentukan apakah hilal sudah terlihat atau belum. Jika sudah terlihat, maka besoknya akan menjadi awal bulan Syawal dan hari raya Idul Fitri.

Baca Juga  Lain Ucapan, Lain Tindakan Kala Jokowi Tak Pakai Masker di Keramaian

Di Indonesia, Kementerian Agama (Kemenag) diketahui akan menggelar sidang isbat sebagai penentuan Hari Raya Idul Fitri 2023 ini pada Kamis, 20 April 2023 atau bertepatan dengan 29 Ramadhan 1444 H.

Sidang isbat akan mengundang berbagai pihak seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Komisi VIII DPR, dan perwakilan ormas Islam.

Menurut berbagai sumber, sidang isbat ini terbagi ke dalam tiga tahapan. Tiga tahapan tersebut adalah pemaparan posisi hilal, pelaksanaan sidang isbat itu sendiri dan diakhiri dengan telekonferensi pers hasil sidang.

Keputusan sidang isbat ini nantinya akan diambil berdasarkan hasil hisab. Selanjutnya, akan dipantau kembali melalui hasil lapangan dengan mekanisme rukyatul hilal.

Tetapi, jika mengacu pada SKB atau Surat Keputusan Bersama 3 Menteri yang diteken oleh Menag, Menteri PAN-RB dan Menteri Ketenagakerjaan ini, diketahui Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 2023 jatuh antara tanggal 22 April dan 23 April.

Baca Juga  Jokowi Terbitkan Perpres, Kini Ada Jabatan Wakil Menteri di Kominfo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *