Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Kapolri RDP dengan Komisi III DPR Bahas Kasus Ferdy Sambo

Ferdy Sambo
( Ilustrasi ) RDP Soal isu ‘Kerajaan Sambo’ yang mengemuka saat DPR rapat dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

JAKARTA – Hari ini Kapolri bakal RDP dengan Komisi III DPR bahas kasus Ferdy Sambo. Rapat Dengar Pendapat (RDP) ini sudah dipastikan bakal dihadiri Kapolri dan jajarannya dimulai sejak pukul 10.00 WIB.

Dalam rapat ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bakal menjelaskan secara rinci kasus pembunuhan berencana yang dilakukan oleh eks Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo terhadap Brigadir Yoshua Hutabarat atau Brigadir J hari ini.

Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni saat dihubungi, Selasa (23/8/2022) mengatakan DPR akan mempertanyakan sudah sejauh mana kasus ini ditangani. Lantas kenapa terkesan lambat. “Agenda tentang tersangka FS,” kata Sahroni.

Sahroni mengatakan rapat dipimpin oleh Ketua Komisi III DPR Bambang Wuryanto atau Bambang Pacul. “(Dipimpin) Pak Bambang Pacul, saya mendampingi,” jelasnya.

Baca Juga  Cara Melacak HP Hilang dengan IMEI Terbaru 2024

Soal isu ‘Kerajaan Sambo’ yang mengemuka saat rapat bersama DPR RI dengan Kompolnas kemungkinan akan menjadi bahasan yang sengit saat DPR rapat dengan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo nanti.

“Itu pasti lah (membahas soal ‘kerajaan’ Ferdy Sambo) karena bicara soal aliran diagram yang saling bales kan. Nah itu kalau dilihat dari omongan itu jelas tuh,” kata Wakil Ketua Komisi III DPR Fraksi Gerindra Desmond Junaidi Mahesa kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan.

Menurut Desmond ada hal-hal di luar proses peradilan dalam kasus tersebut yang muncul. Mulai dari pembubaran Satgassus Merah Putih, ‘Konsorsium 303’ hingga keterlibatan polisi lain di kasus ini.

Baca Juga  Emas sebagai Pilar Investasi Jangka Panjang, Ini Manfaat Investasi Emas yang Tak Tergoyahkan

“Akibat dari peristiwa ini memunculkan hal-hal yang hari ini non proses peradilan. Apa itu? Seperti ada persoalan tiba-tiba berkaitan dengan Satgassus, judi online, narkoba, dan tiba tiba ada sekian banyak anggota polisi yang terjerat kasus Sambo,” ujarnya.

Dikonfirmasi terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo mengatakan Kapolri akan hadir dalam rapat Komisi III DPR itu. Namun, Dedi belum menjelaskan pihak-pihak yang mendampingi Kapolri.

“Betul (Kapolri akan hadir rapat dengan Komisi III DPR),” kata Dedi.(SW)