Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless

Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless
Kelebihan dan Kekurangan Kamera Mirrorless (Gambar: id.cannon.com)

Kamera mirrorless merupakan jenis kamera digital yang semakin populer di kalangan fotografer amatir maupun profesional.

Berbeda dengan kamera DSLR yang menggunakan sistem cermin untuk mengarahkan cahaya ke viewfinder, kamera mirrorless tidak memiliki cermin, sehingga lebih ringan dan kompak.

Kelebihan utama kamera ini antara lain adalah ukurannya yang lebih kecil dan ringan dibandingkan DSLR, membuatnya lebih portabel dan mudah dibawa ke mana-mana.

Selain itu, kamera ini juga menawarkan tampilan langsung melalui layar elektronik (EVF) yang memberikan previsualisasi langsung dari gambar yang akan dihasilkan.

Selain ukuran dan portabilitasnya, kamera ini juga diketahui memiliki keunggulan dalam kemampuan merekam video.

Kebanyakan kamera mirrorless memiliki kemampuan merekam video 4K dengan kualitas yang sangat baik, serta autofokus yang cepat dan akurat, sehingga banyak digunakan oleh videografer profesional.

Baca Juga  HP Kamera Terbaik dengan Harga 2 Jutaan di Tahun 2023

Selain itu, kamera mirrorless sering kali dilengkapi dengan fitur-fitur canggih seperti kemampuan pengambilan gambar burst yang cepat, fokus otomatis yang presisi, serta konektivitas yang lebih baik dengan adanya WiFi atau Bluetooth.

Namun, seperti halnya perangkat elektronik lainnya, kamera mirrorless juga memiliki kekurangan.

Salah satu kekurangan utamanya adalah daya tahan baterai yang cenderung lebih rendah dibandingkan dengan kamera DSLR.

Karena ukurannya yang lebih kecil, kapasitas baterai pada kamera ini juga cenderung lebih kecil, sehingga pengguna harus lebih memperhatikan daya baterai saat beraktivitas fotografi.

Selain itu, pilihan lensa untuk kamera inimungkin lebih terbatas dibandingkan dengan kamera DSLR, meskipun produsen kamera dan pihak ketiga terus mengembangkan rangkaian lensa untuk sistem kamera ini.

Baca Juga  WOW! Ini Dia Cara Mengembalikan Chat WhatsApp yang Terhapus dengan Mudah dan Cepat!"

Dalam penggunaan sehari-hari, kelebihan dan kekurangan kamera mirrorless harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pengguna.

Meskipun memiliki kekurangan tertentu, kamera mirrorless tetap menjadi pilihan yang menarik bagi banyak fotografer karena kombinasi antara kualitas gambar yang tinggi, portabilitas, serta fitur-fitur canggih yang ditawarkannya.

Dengan perkembangan teknologi yang terus berlangsung, kamera mirrorless diharapkan akan semakin meningkatkan daya tariknya dalam industri fotografi.  ***