Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

KPU Sebut Debat Capres Bakal Digelar Selasa ini

JAKARTA – Debat perdana pemilihan presiden (Pilpres) 2024 akan digelar pada Selasa (12/12). Komisioner KPU August Mellaz mengatakan kedua pasangan Pilpres akan hadir dalam debat, tetapi diberi tempat khusus.

“Kan ada diberikan posisi sendiri,” kata August kepada wartawan, Minggu (10/12/2023).

August menyebut saat sesi khusus debat cawapres maka capres akan diberikan tempat khusus. Begitupun sebaliknya saat debat khusus capres.

“He, eh (di bawah panggung),” tutur August. Ia menjawab pertanyaan apakah capres berada di bawah panggung saat debat cawapres dan tak ikut naik.

Ia menyebut debat itu akan terlaksana selama 120 menit. Ia mengatakan sudah ada pertimbangan yang matang soal pembagian segmen.

“Kalau durasi debat tetap 120 (menit), 120 menit itu debat kan totalnya 150 (menit) tapi perhitungan debat itu kan dimulai pada saat stasiun TV ngitung nol sampai pukul 19.00 kan. Pukul 19.00 kan dimulai tuh, baru dimulai tuh Indonesia Raya, jingle pemilu segala macam, sampai nanti penutup itu durasi waktunya 120 menit,” tutur August.

Baca Juga  Keberadaan Dosen UII di Oslo Masih Hilang

“Semuanya sudah terbagi tuh dari 6 segmen, setiap segmen waktunya berapa aja ngapain aja itu sudah kebagi, sudah selesai. Jadi 150 menit itu 30 menitnya iklan, layanan masyarakat, 120 menitnya itu untuk khusus debat,” sambungnya.

KPU mengumumkan nama panelis debat pertama capres cawapres Pemilu 2024. Terdapat 11 orang yang telah menyatakan bersedia menjadi panelis debat.

“Panelis itu kita sudah mendapatkan konfirmasi dan kesediaan dari 11 orang yang akan jadi panelis untuk debat pertama,” kata Komisioner KPU RI August Mellaz di kantor KPU RI Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (9/12).

Melkaz mengatakan 11 nama panelis itu telah disepakati oleh tim pasangan calon. Para panelis itu akan mulai dikarantina besok.

Baca Juga  Secara Langsung, Kapolres Konawe Tinjau Penyaluran Dana BLT BBM Dan Sembako Kepada KPM

“Kemudian tanggal 10, mulai besok kami akan karantina sampai tanggal 13 di Jakarta untuk merumuskan pertanyaan-pertanyaan yang akan disusun oleh panelis,” jelasnya.

Berikut daftar 11 nama panelis debat pertama capres-cawapres:

1. Pakar Ilmu Politik UGM, Mada Sukmajati
2. Pakar Ilmu Politik Undana, Rudi Rohi
3. Ahli Hukum Tata Negara Undip, Lita Tyesta ALW
4. Pakar Hukum Unand, Khairul Fahmi
5. Pakar Hukum Tata Negara UNS, Agus Riewanto
6. Pakar Tata Hukum Negara UNPAD, Susi Dwi Harijanti
7. Guru Besar Universitas Jember, Bayu Dwi Anggono
8. Ketua Komnas HAM 2017-2020, Ahmad Taufan Damanik
9. Guru Besar Studi Agama UIN Sunan Kalijaga, Phil Al Makin
10. Dekan Fakultas Ilmu Dakwah dan Komunikasi UIN Syarif Hidayatullah, Gun Gun Heryanto
11. Dekan Fisipol UGM Wawan Mas’udi

Baca Juga  Soal Putusan Bebas Bos PT DMS 77, Begini Penjelasan PN Unaaha

Diketahui, debat perdana akan digelar di Kantor KPU RI pada Selasa (12/12). Tema debat perdana untuk capres itu yakni pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik dan kerukunan warga.(SW)