Mengamankan Pesan-pesan Rahasia Anda di WhatsApp dengan Fitur Lock Chat, Ini Cara Menggunakannya

Cara Mengunci Chat WhatsApp
Cara Mengunci Chat WhatsApp (Fot: Canva by Cottonbro)

Cara mengunci chat WhatsApp dengan mudah dan praktis. WhatsApp telah memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan percakapan pribadi mereka dengan mengunci atau mengamankan chat.

Fitur ini memberikan perlindungan privasi tambahan dan mencegah orang lain dari mengakses atau membaca pesan-pesan tanpa izin.

Cara mengunci chat di WhatsApp ini tentu sangat mudah dan sederhana. Cara menggunakan fitur baru ini tentu saja juga bisa dilakukan dengan beberapa langkah saja.

Namun, saat ini fitur ini baru tersedia di wilayah Amerika Serikat dan belum hadir untuk pengguna di Indonesia. Kemungkinan akan ada pengguliran secara bertahap di berbagai wilayah, jadi penting untuk memeriksa pembaruan secara rutin.

Jika Anda telah memperoleh fitur kunci pesan WhatsApp, Anda akan melihat opsi “Lock Chat” di bawah fitur “Disappearing Messages” pada setiap profil kontak yang tersimpan.

Fitur “Lock Chat” sebenarnya merupakan fitur “Lock Chat WA Folder “Chat yang dikunci””. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunci chat tertentu dengan menggunakan kata sandi atau sistem keamanan biometrik seperti pemindaian sidik jari atau wajah.

Baca Juga  Resmi! BPJS Kesehatan Jadi Salah Satu Syarat Membuat SKCK Mulai 1 Maret 2024

Dengan menggunakan fitur “Lock Chat WA”, Anda dapat mengamankan pesan-pesan tertentu agar tidak mudah diakses atau dibuka oleh orang lain.

Pesan-pesan yang dikunci hanya dapat diakses setelah pengguna memasukkan password dengan benar atau melakukan pemindaian sidik jari yang valid. Tentu saja dengan hal ini akan bisa memberikan lapisan keamanan tambahan untuk melindungi privasi Anda.

Cara Mengunci Chat WhatsApp

Fitur kunci WhatsApp sebenarnya telah ada sejak lama, tetapi fitur untuk mengunci chat tertentu (bukan mengunci seluruh aplikasi) baru-baru ini ditambahkan.

Setelah Anda mengunci chat, pesan-pesan tersebut tidak akan lagi ditampilkan di halaman daftar obrolan utama. Mereka akan dikumpulkan dan disimpan dalam folder “Chat yang dikunci”.

Baca Juga  Jadwal Libur Bulan Juni 2023, Ada Long Weekend di Awal Pekan Ini

Jadi, jika Anda ingin mengakses folder “Locked Chat” di WhatsApp, Anda perlu mengunci chat tertentu terlebih dahulu.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengunci chat di WhatsApp agar masuk ke dalam folder “Locked Chat”:

  1. Buka terlebih dahulu chat personal atau grup yang ingin Anda kunci.
  2. Ketuk nama kontak atau grup untuk membuka halaman profil chat.
  3. Pada halaman profil chat, pilih opsi “Chat Lock”.
  4. Selanjutnya, atur sistem keamanan yang ingin Anda gunakan untuk mengunci chat, seperti pemindaian sidik jari.
  5. Setelah Anda mengatur sistem keamanan, chat akan otomatis dipindahkan ke dalam folder “Locked Chat”.
  6. Anda akan tetap menerima notifikasi jika ada pesan baru di chat yang terkunci, tetapi informasi nama pengirim, foto profil pengirim, dan preview pesan tidak akan ditampilkan.
  7. Untuk melihat chat yang terkunci, Anda dapat mengakses folder “Locked Chat” dan membuka kuncinya.
Baca Juga  Lewat Kostratani, Kementan Bangun Satu Data Pertanian Indonesia

Perlu diingat bahwa fitur “Lock Chat WA” saat ini sedang diperkenalkan secara bertahap, jadi ada kemungkinan bahwa beberapa pengguna belum mendapatkannya. Namun, dengan memeriksa pembaruan secara teratur, Anda akan dapat mengaktifkan fitur ini saat tersedia.

Fitur ini memberikan pengguna WhatsApp lebih banyak kontrol atas privasi mereka dan melindungi pesan-pesan pribadi dari akses yang tidak sah. Dengan mengunci chat yang sensitif, Anda dapat memiliki ketenangan pikiran yang lebih besar saat menggunakan WhatsApp.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *