Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Meriahkan Harmonisasi dan Apresiasi SDM 2022, Puluhan Produk PHLN Kementan Tumpah Ruah di Pameran Pertanian

Bogor – Peran aktif Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian merupakan ujung tombak utama dan menjadi kunci keberhasilan dalam penggerak pembangunan dalam sektor pertanian.

Kementerian Pertanian (Kementan) melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BPPSDMP) terus berupaya melakukan peningkatan kualitas dan kuantitas SDM pertanian melalui program-program utama Kementan. Pinjaman dan Hibah Luar Negeri (PHLN) adalah program utama yang berada di BPPSDMP yang harus didukung oleh semua jajaran Kementan. Program tersebut adalah Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project (SIMURP) dan Integrated Participatory Development & Management of Irrigation Program (IPDMIP).

Kementan juga telah menetapkan arah kebijakan pembangunan pertanian yaitu mewujudkan Pertanian Maju, Mandiri, Modern. Arah kebijakan ini menjadi pedoman untuk bertindak cerdas, tepat, dan cepat bagi jajaran Kementan di seluruh Indonesia untuk meningkatkan kinerja yang lebih baik lagi.

Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) menyampaikan bahwa sektor yang paling siap membangun kehidupan Indonesia yang lebih baik besok dan akan datang adalah pertanian.

“Saya sangat bangga dengan para champion yang terpilih”, tegasnya.

Tentu saja ini akan menstimulasi bagi banyak orang agar turun tangan di sektor pertanian.

Baca Juga  Pemulihan Ekonomi Pasca Pandemi, Yusran Akbar Dapat Penguatan Program Kadin Sultra

Sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan peran aktif SDM pertanian, Mentan SYL memberikan 32 Sertifikat Emas kepada para champion yang terdiri dari Penyuluh Petanian, Petani Milenial dan P4S Berprestasi pada acara Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian tahun 2022, Kamis 15 Desember 2022 di Kampus Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Bogor.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi menyampaikan, Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian Tahun 2022 merupakan agenda rutin BPPSDMP.

Acara ini tidak hanya bertujuan memberikan penghargaan saja, tetapi juga menyebarluaskan hasil-hasil kinerja yang telah dicapai BPPSDMP serta harmonisasi dan silaturahmi SDM pertanian agar tetap terjalin sinergi yang baik dan keseimbangan dalam melaksanakan berbagai aktivitas.

Harmonisasi juga harus terjalin internal dan eksternal agar selaras dengan Eselon I Kementan, stakeholder lainnya yaitu Penyuluh Pertanian, Petani Milenial, Poktan, Gapoktan, P4S, Kelompok Wanita Tani (KWT) di seluruh Indonesia dari desa hingga pusat, sehingga menghasilkan simponi yang indah.

Salah satu kegiatan pada kegiatan Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian, adalah pameran produk pertanian yang dihasilkan Kelompok Wanita Tani (KWT) dan Kelompok Ekonomi Petani (KEP). Tidak ketinggalan KWT dan KEP SIMURP berpartisipasi memeriahkan acara tersebut dengan menghadirkan berbagai produk inovatif unggulannya.

Baca Juga  Klaim Biosaka Substitusi Pupuk 50% Dikritisi Peneliti BRIN

Hadirnya KWT dan KEP binaan dari SIMURP selain untuk memperkenalkan jenis bisnis usaha dan produk dari KWT itu sendiri juga dapat mengembangkan usahatani pelaksana program SIMURP agar berorientasi agribisnis dan adaptif terhadap teknologi agar dapat meningkatkan pendapatan dari KEP dan KWT itu sendiri.

KWT dan KEP binaan wilayah SIMURP diantaranya hadir dari Kabupaten Indramayu yang turut berpartisipasi yaitu KWT Sri Rejeki, KWT Srikandi, KWT Krisna Jaya, KWT Mekar Sari, KWT Melati, dan KEP Bina Mandiri Sejahtera.

Turut hadir juga dari Kabupaten Cirebon, yaitu KWT Rizki Barokah, KWT Karya Tani, KWT Sari Laut, KEP Agripedia SIMURP, KEP Taruna Sutajaya, dan KEP Mitra Tani. Kabupaten Karawang yang turut berpartisipasi, yaitu KWT Durian Tani, KWT Tani Mekar, KWT Berkah Jamur Tiram, KWT Sri Rahayu Tani, KWT Mekar Sari, KEP Maju Berkah, KEP Maju Bersama, dan KEP Bina Jaya Tani serta dari Kabupaten Subang yang turut berpartisipasi yaitu KWT Tina Tani Mandiri dan KEP Karya Muda Tani.

Baca Juga  Manfaatkan Limbah, Kementan Optimalkan Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Pertanian

Pada saat melakukan kunjungan, Kepala BPPSDM beserta Dharma Wanita Persatuan (DWP) BPPSDMP memberikan semangat para KWT dan KEP untuk terus berkarya membangun pertanian dan meningkatkan pendapatan rumah tangga.

Peserta pameran berkesempatan juga menjadi narasumber dalam acara Ngepod (Ngobrol Asyik Penyuluhan edisi Podcast) yang menjadi side event yang menarik selain pameran dan acara utama Harmonisasi dan Apresiasi SDM Pertanian dan ditayangkan  secara visual melalui Youtube dan Spotify. (HVY/AF/NF)