Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Nasib Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024!!

Nasib Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024!!
Nasib Negara ASEAN di Kualifikasi Piala Asia U-23 2024!! (Foto: Julio T)

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 telah memasuki pekan kedua, dan sejumlah kejutan terjadi, terutama terkait nasib tim-tim dari Asia Tenggara (ASEAN).

Salah satu kejutan terbesar datang dari Vietnam, yang menjadi tim ASEAN pertama yang memastikan diri lolos ke Piala Asia U-23 2024. Vietnam mencapai prestasi ini setelah meraih dua kemenangan dalam Kualifikasi ini.

Kemenangan berturut-turut ini mengamankan posisi Vietnam dalam turnamen yang diadakan dalam empat tahun sekali.

Di sisi lain, Timnas Indonesia U-23 belum secara resmi lolos ke Piala Asia U-23 2024.

Nasib skuad Garuda Muda masih harus ditentukan pada laga terakhir mereka melawan Turkmenistan pada tanggal 12 September 2023. Namun, setelah meraih kemenangan telak 9-0 dalam laga perdana melawan Chinese Taipei pada tanggal 9 September 2023, Timnas Indonesia U-23 menduduki posisi teratas di Grup K Kualifikasi ini dengan tiga poin.

Baca Juga  Di Tengah Ancaman El Nino, Petani Muda Anggota Negara ASEAN Jaga Ketahanan Pangan Dunia

Selain Timnas Indonesia U-23, empat tim ASEAN lainnya juga akan menentukan nasib mereka pada laga pamungkas Kualifikasi Piala Asia U-23 2024.

Tim-tim ini termasuk Thailand, Malaysia, Myanmar, dan Kamboja.

Pada laga terakhir Grup H, Thailand akan bertemu dengan Malaysia. Tim yang memenangkan pertandingan ini akan lolos ke Piala Asia U-23 2024, sementara runner-up akan ditentukan melalui peringkat di klasemen.

Sementara itu, Kamboja dan Myanmar masih memiliki peluang untuk melaju ke babak selanjutnya.

Kedua tim memiliki kesempatan untuk meraih kemenangan dalam laga terakhir dan memperebutkan tempat sebagai runner-up terbaik.

Sayangnya, lima tim ASEAN telah dipastikan gagal melaju ke Piala Asia U-23 2024. Tim-tim tersebut adalah Brunei Darussalam, Singapura, Timor Leste, Filipina, dan Laos.

Baca Juga  Pelatihan Program SIMURP Dorong Petani Gunakan Pupuk Kompos

Empat tim tersebut mengalami dua kekalahan berturut-turut dalam turnamen tersebut.

Di sisi lain, Singapura berhasil meraih satu poin setelah bermain sekali imbang dan sekali kalah.

Meskipun tim-tim tersebut masih akan memainkan laga ketiga dalam Kualifikasi ini, namun permainan tersebut hanya akan menjadi formalitas semata karena mereka telah kehilangan peluang untuk melaju ke Piala Asia U-23 2024.

Kualifikasi Piala Asia U-23 2024 memberikan kesempatan bagi tim-tim dari seluruh kawasan ASEAN untuk bersaing dengan tim-tim terbaik Asia dalam upaya meraih status sebagai juara.

Meskipun beberapa tim harus kecewa dengan hasil yang tidak memuaskan, pertandingan ini memberikan pengalaman berharga bagi para pemain muda, dan diharapkan mereka dapat menjadi tulang punggung tim nasional di masa yang akan datang.***