Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Pernyataan Politik Jokowi Terkait Gibran Ditunggu di Hari Santri

SURABAYA – Pernyataan Politik Jokowi Terkait Gibran Ditunggu di Hari Santri di Surabaya. Puncak peringatan Hari Santri Nasional akan digelar di Surabaya, Minggu (22/10/2023). Rencananya, Presiden Joko Widodo akan hadir memimpin apel Hari Santri Nasional dan menghadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa Nahdlatul Ulama.

“Insyaallah besok Hari Santri Pak Presiden (Jokowi) juga rawuh,” kata Khofifah usai menyambut peserta Jalan Santai, di depan Gedung Negara Grahadi, Sabtu (21/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Sekjen PBNU Saifullah Yusuf alias Gus Ipul menyebut Jokowi bakal bertugas sebagai inspektur apel Hari Santri di Tugu Pahlawan Surabaya.

Gus Ipul membeberkan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas bertugas sebagai komandan apel. Sedangkan Ketua Umum PBNU KH Yahya Cholil Staquf akan membacakan resolusi jihad dan pembacaan doa oleh Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

Baca Juga  Lambat Tangani Kasus Tambang Ilegal; FKPD Sultra Desak Kejaksaan RI Copot Kepala Kejati Sultra

“Jadi inspektur apel hari santri langsung oleh Presiden Jokowi, komandan Apel Gus Menteri Agama, resolusi jihad oleh Gus Yahya dan doa oleh Rais Aam,” kata Gus Ipul.

Gus Ipul mengungkapkan peringatan Hari Santri tersebut diperkirakan akan dihadiri sebanyak 250 ribu santri. Mereka bakal mengikuti apel di Tugu Pahlawan, sekitar pukul 06.00 WIB.

Dalam kesempatan ini, akan hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin, sejumlah menteri di Kabinet Indonesia Maju, duta besar negara tetangga, Jaksa Agung, Kapolri, pimpinan TNI hingga tokoh-tokoh masyarakat, juga akan diundang.

“Dengan begitu, maka seluruh wilayah dan cabang NU akan mengirim kurang lebih satu orang mengikuti apel Hari Santri Nasional 2023 ini. Terima kasih, para kiai pengurus PW dan PCNU,” ucapnya.

Baca Juga  Sejumlah Rumah Warga Ambruk Akibat Cuaca Ekstrim, Polsek Wonggeduku Lakukan Evakuasi

Namun, Jokowi tak hanya diagendakan menjadi inspektur apel Hari Santri Nasional. Ia juga dijadwalkan menghadiri Ijazah Kubro Pagar Nusa NU, di hari yang sama.

Agenda Ijazah Kubro tersebut akan dihadiri sekitar 25 ribu pendekar, kader Pagar Nusa dan serta Nahdliyin, di Lapangan Bumi Moro, Perak, Surabaya.

Setelah itu, dari agenda kegiatan rangkaian Hari Santri Nasional 2023 yang diterima detikJatim, Jokowi juga dijadwalkan menghadiri pertemuan dengan para kiai sepuh. Pertemuan ini akan digelar di Kantor PCNU Surabaya.(SW)