Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Pj Bupati Harmin Ramba Letakkan Batu Pertama Pembangunan Gedung Cytotoxic dan Cathlab di BLUD RS Konawe

KONAWE – Sebagai langkah nyata dalam meningkatkan fasilitas kesehatan, Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Rumah Sakit (RS) Kabupaten Konawe memulai pembangunan gedung cytotoxic dan cathlab. Peletakan batu pertama dilakukan oleh Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba, S.E., M.M, pada Rabu (10/7/2024) sore di halaman Gedung A BLUD RS Kabupaten Konawe.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati Konawe Harmin Ramba menekankan pentingnya sarana dan prasarana yang memadai untuk menunjang pelayanan kesehatan kuratif dan rehabilitatif di RS Konawe.

“Pelayanan yang diberikan harus maksimal dan efisien,” ujarnya.

Pembangunan gedung cytotoxic dan cathlab di BLUD RS Konawe merupakan tindak lanjut dari kunjungan Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo, ke RSUD Konawe. Melalui Kementerian Kesehatan, akan diberikan hibah peralatan Catheterization Laboratory (Cath Lab), yang digunakan untuk prosedur jantung seperti angiografi koroner dan pemasangan stent, serta bidang lain seperti radiologi intervensi, bedah saraf, dan bedah tulang.

Baca Juga  Kadin Sultra Bersama Kemenkumham Fasilitasi 500 Mahasiswa Pelaku UMKM Dirikan Perseroan

Harmin Ramba juga menekankan pentingnya pelayanan yang berorientasi pada kepuasan pasien.

“Petugas kesehatan harus memberikan pelayanan yang optimal,” tambahnya.

Direktur utama BLUD RSUD Konawe, Dr. H. Abdul Rahman Matta, M.Kes., menjelaskan bahwa pembangunan gedung ini didorong oleh status BLUD RSUD Konawe yang kini ditunjuk sebagai pemimpin program atau kegiatan pelayanan kesehatan seperti kanker, jantung, stroke, uronefrologi, serta kesehatan ibu dan anak (KIA).

“Pembangunan ini diharapkan akan meningkatkan performa BLUD RSUD Konawe serta kinerja organisasi, profesionalisme, dan produktivitas pegawai dalam memberikan pelayanan kesehatan optimal, cepat, tepat, akurat, dan nyaman,” ujar Abdul Rahman Matta.

Saat ini, BLUD RSUD Konawe memiliki fasilitas tempat tidur rawat inap, dan setelah pembangunan selesai, diharapkan mampu melayani lebih banyak pasien. Proyek pembangunan ini memanfaatkan alokasi dana sebesar 2,587 miliar Rupiah yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) dan BLUD, dan ditargetkan selesai pada 17 November 2024.

Baca Juga  Raih 4 Medali Emas, Cabor Kempo Konut jadi Juara Umum di Porprov XIV Buton dan Baubau

Pada kesempatan tersebut, Pj. Bupati juga mengunjungi beberapa pasien rawat inap di BLUD RSUD dan memberikan bantuan.

Pembangunan Gedung Rawat Inap dan Gedung Jantung Terpadu ini merupakan langkah besar bagi RSUD Konawe dalam meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sekaligus menjawab kebutuhan fasilitas yang memadai untuk pelayanan kesehatan yang optimal.(**)