Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Pj Bupati Konawe Keluarkan Surat Edaran Kesiapsiagaan Hadapi Cuara Buruk

KONAWE – Menyikapi peringatan dini cuaca, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Nomor: B/ME.02.04/020/KKN/2024 tanggal 17 Januari 2024 bahwa berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai kilat/petir dan angin kencang pada Januari 2024 di Kabupaten Konawe, Minggu, 21/1/2024.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, DR.H.Harmin Ramba,SE,MM mengeluarkan surat edaran Nomor:300.2/41/2024 tentang kesiapsiagaan menghadapi potensi ancaman bencana banjir dan tanah longsor di wilayah kabupaten Konawe.

Surat edaran tersebut ditunjukkan kepada para Forkompimda, Pimpinan Instansi vertikal, Sekertaris Daerah, Sekertaris DPRD, Inspektur/ Kepala Badan/Dinas, Camat, Lurah/Desa,Pimpinan BUMN/BUMD, pelaku usaha, RT/RW dan seluruh masyarakat Kabupaten Konawe.

Menindaklanjuti hal tersebut maka diperlukan upaya pencegahan dan kesiapsiagaan guna menimalisir dampak ancaman banjir dan longsor yang mungkin timbul dengan mengambil langkah-langkah antisipasi, antara lain;

Baca Juga  Puluhan Pelajar Konawe Ramaikan Sosialilasi Pemilih Pemula Oleh Bawaslu

1. Mewaspadai terjadinya bencana hidrometeorologi pada peralihan musim kemarau ke musim penghujan dengan melakukan identifikasi melakukan pemetaan maping deteksi dini terhadap potensi ancaman dan kajian lapangan terhadap daerah-daerah yang mengalami kerentanan tinggi bencana dengan melakukan upaya pencegahan untuk menemukan jalur evakuasi dan titik kumpul yang paling aman apabila situasi darurat terjadi.

2. Membersihkan saluran air/sungai agar tidak terjadi penyumbatan yang dapat mengakibatkan banjir.

3. Melakukan pengecekan semua kondisi tebingan yang khusunya berada ditengah pemukiman, apabila ditemukan keretakan/rekahan atau pepohonan dan tebing dalam kondisi miring yang merupakan gejala awa Terjadinya longsor, maka segera dilakukan tindakan menutup keretakan/rekahan dengan tanah liat.

4. Aktifkan potensi sumber daya manusia dan peran aktif masyarakat melakukan piket siang dan malam serta meningkatkan budaya kearifan lokal untuk mengantisipasi terhadap potensi bencana meteorologi.

Baca Juga  Kaesang Minta Maaf ke PDIP Terkait Ulah PSI di Masa Lalu

5. Melakukan perbaikan jaringan pipanisasi dan rehabilitasi disekitar kawasan embung/waduk untuk menjaga kelestarian alam dengan melakukan reboisasi sebagai bentuk kesiapsiagaan menyimpan air hujan yang sewaktu-waktu dapat dipergunakan pada tanggap darurat musim kemarau.

6. Meningkatkan komunikasi dengan aparatur tingkat kelurahan desaDan kecamatan hingga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Konawe dan melaksanakan pelaporan tertulis yang bersifat akurat, cepat, tepat dan terpadu kepada Bupati Konaw cq Kepala pelaksana BPBD Kabupaten Konawe dan tembusan OPD tehnik terkait.

7. Perangkat daerah sesuai dengan tugas dan fungsinya beserta kecamatan,Kelurahan/desa dan instansi terkait menyiapkan personil peralatan bahan dan logistik untuk sewaktu-waktu dapat digunakan pada saat terjadinya bencana.

Baca Juga  Ingin Membuat SKCK? Inilah Persyaratan dan Cara Mudah Membuat SKCK Terbaru 2023

Dalam rangka respon time dapat menghubungi BPBD Kabupaten Konawe, jalan inolobunggadue kompleks perkantoran Pemda Konawe No HP:0822 5946 4003 dan 0853 9815 9708.

Disamping itu, BPBD Konawe juga menyiapkan Pos Komando (Posko) siaga darurat.

Laporan : Redaksi