Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

PPK Besulutu Gelar Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi DPHP Pemilu 2024

Konawe – Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Besulutu secara resmi menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi perubahan Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran ( DPHP ) untuk Pemilu Tahun 2024.

Pleno terbuka yang digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan ( PPK ) dilaksanakan di kantor sekretariat PPK Kecamatan Besulutu, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara, pada Minggu, 2 April 2023.

Pelaksanaan rapat pleno DPHP tersebut dipimpin langsung oleh Komisioner Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Besulutu , Alala Pelesa, SH di dampingi 4 orang anggota Komisioner PPK diantaranya Divisi Data dan Perencanaan Muh. Rafli Hidayat, S.Kom, Divisi SDM dan Parmas Bisran, S.Pd, Divisi Tekhnis Penyelenggaraan Keduslan, Divisi Hukum dan Pengawasan Yopi Wijaya Putra SH.

Rapat pleno dilaksanakan sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2023 jo. PKPU Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum dan Sistem Informasi Data Pemilih Pasal 41 dan Keputusan KPU Nomor 27 Tahun 2023 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 7 Tahun 2022 tentang Penyusunan Daftar Pemilih Dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum Dan Sistem Informasi Data Pemilih.

Baca Juga  Cara Kerja Pantarlih 2024 dan Tugasnya

“Alhamdulillah, rapat pleno kita laksanakan sesuai dengan PKPU Nomor 7 Tahun 2022 dan semua anggota PPS se kecamatan besulutu yang berjumlah 48 orang dari 16 desa/kelurahan hadir untuk menyampaikan hasil rapat pleno DPHP di tingkat PPS-nya masing-masing,” ungkap Alala Pelesa.

Panitia PPK Kecamatan Besulutu menetapkan rekapitulasi daftar perubahan pemilihan hasil pemutahiran dengan rincian sebagai berikut:

a. Pemilih Aktif sebanyak 6062 orang
b. Pemilih baru 1058 orang.
c. Pemilih tidak memenuhi syarat (TMS) 1176 orang.
d. Perbaikan data Pemilih (pemilih ubah) 1655 orang.
e. Pemilih non KTP-El 343 orang.

Sementara itu, ditempat yang sama komisioner PPK divisi Data dan Perencanaan Muhamad Rafli Hidayat S.Kom., menyampaikan bahwa dari 6062 orang yang ada dalam daftar pemilih hasil pemutakhiran (DPHP), 3084 pemilih jenis kelamin laki-laki dan 2978 pemilih jenis kelamin perempuan dari 29 TPS yang tersebar di 16 Desa se kecamatan Besulutu.

Baca Juga  Turnamen Perdana, Stimik Bina Bangsa Kendari Gandeng SMA dan SLTA Sebagai Peserta

Setelah pemaparan hasil pleno ditingkat PPS masing-masing dilanjutkan penandatanganan Berita Acara Rekapitulasi Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Besulutu dan secara resmi tertuang dalam BA Nomor : 028/PL.01-BA/740220/2023 sekaligus penyerahan hasil berita acara kepada masing-masing perwakilan rapat pleno terbuka.

Turut hadir dalam rapat pleno terbuka diantaranya pihak dari pemerintah Kecamatan Besulutu, Kepolisian Sektor Sampara, Danramil 1417-07 Sampara, para staf sekretariat PPK dan Tim Pendamping PPK serta perwakilan beberapa Partai Politik peserta Pemilu Tahun 2024.(Red)