Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Realme C55: Smartphone dengan Fitur Mini Capsule dan Kamera 64 MP

Realme C55: Smartphone dengan Fitur Mini Capsule dan Kamera 64 MP
Realme C55: Smartphone dengan Fitur Mini Capsule dan Kamera 64 MP (Foto: realme.com)

Realme, salah satu produsen smartphone asal China, baru-baru ini meluncurkan produk terbarunya di Indonesia, yaitu Realme C55. Smartphone ini merupakan anggota dari seri C yang dikenal sebagai ponsel kelas bawah dengan spesifikasi dan fitur menarik.

Realme C55 menawarkan beberapa keunggulan, seperti fitur Mini Capsule, kamera belakang 64 MP, RAM dinamis hingga 16 GB, dan pengisian cepat 33W SuperVOOC. Berikut adalah ulasan lengkap mengenai spesifikasi dan harga Realme C55 di Indonesia.

Desain dan Layar

Realme C55 memiliki desain yang elegan dan tipis dengan ketebalan hanya 7,89 mm.

Ponsel ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Sunshower yang berwarna kuning keemasan dan Rainy Night yang berwarna hitam pekat. Di bagian belakang, terdapat modul kamera persegi yang menampung dua lensa kamera dan lampu kilat LED. Di samping kanan, terdapat tombol power yang sekaligus berfungsi sebagai pemindai sidik jari. Di samping kiri, terdapat slot kartu SIM dan microSD yang mendukung penyimpanan eksternal hingga 1 TB.

Realme C55 mengusung layar IPS LCD berukuran 6,72 inci dengan resolusi Full HD Plus (1080 x 2400 piksel) dan refresh rate 90 Hz.

Layar ini memiliki tingkat kecerahan 680 nits dan touch sampling rate 180 Hz. Rasio layar ke bodi mencapai 91,4 persen berkat desain punch hole yang minimalis.

Baca Juga  Rapimprov Kadin Sultra Bahas Agenda Peta Jalan Indonesia Emas 2045

Yang menarik, modul punch hole ini bisa diperlebar dengan fitur Mini Capsule yang merupakan fitur pertama di ponsel Android.

Dengan fitur ini, pengguna bisa melihat informasi penting seperti status baterai, penggunaan data, notifikasi, dan lain-lain di bagian atas layar.

Kamera

Realme C55 dibekali dengan kamera belakang ganda yang terdiri dari kamera utama 64 MP dan kamera B&W 2 MP.

Kamera utama ini memiliki aperture f/1.8 dan ukuran sensor 1/2 inci yang mampu menghasilkan foto dengan detail tinggi dan warna akurat. Kamera ini juga dilengkapi dengan fitur Street Photography Mode yang bisa mengambil foto jernih meskipun dalam kondisi tidak stabil.

Fitur lainnya meliputi HDR, panorama, mode malam, mode potret, mode profesional, dan mode AI.

Untuk kamera depan, Realme C55 memiliki kamera selfie beresolusi 8 MP dengan aperture f/2.0.

Kamera ini bisa mengambil foto selfie dengan efek bokeh dan fitur AI Beauty yang bisa mengoptimalkan penampilan wajah pengguna.

Kamera ini juga mendukung fitur Face Unlock yang bisa membuka kunci ponsel dengan cepat dan aman.

Performa

Realme C55 ditenagai oleh chipset MediaTek Helio G88 yang merupakan prosesor kelas menengah dengan performa tinggi.

Baca Juga  Oppo A53 Harga dan Spesifikasi Terbaru di Indonesia Tahun 2023

Chipset ini memiliki CPU octa-core (2×2.0 GHz Cortex-A75 & 6×1.8 GHz Cortex-A55) dan GPU Mali-G52 MC2 yang bisa menjalankan aplikasi dan game dengan lancar.

Realme C55 juga memiliki opsi RAM dan ROM yang besar, yaitu 6/128 GB dan 8/256 GB.

Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur RAM Dinamis yang bisa menyediakan RAM Virtual hingga 16 GB dengan memanfaatkan ruang penyimpanan internal.

Baterai

Realme C55 memiliki baterai berkapasitas 5000 mAh yang bisa bertahan seharian untuk penggunaan normal.

Baterai ini juga mendukung teknologi pengisian cepat SuperVOOC berdaya 33 Watt yang bisa mengisi baterai penuh dalam waktu 63 menit. Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur Power Saving Mode dan Super Power Saving Mode yang bisa menghemat daya baterai saat dibutuhkan.

Sistem Operasi

Realme C55 menjalankan sistem operasi Android 13 yang sudah dimodifikasi dengan antarmuka Realme UI 4.0.

Antarmuka ini memiliki tampilan yang simpel dan elegan dengan berbagai fitur menarik, seperti Always On Display, Dark Mode, Smart Sidebar, Clone Phone, Game Space, dan lain-lain.

Antarmuka ini juga memiliki fitur keamanan dan privasi yang canggih, seperti Private Safe, App Lock, Kid Space, dan lain-lain.

Baca Juga  Vivo Y27 Series Siap Mendarat di Indonesia dengan Fitur Pengisian Daya Cepat 44W FlashCharge

Fitur Lainnya

Realme C55 juga memiliki fitur lainnya yang menambah nilai jualnya, seperti NFC yang bisa digunakan untuk pembayaran digital, Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, Bluetooth 5.1, GPS, radio FM, jack audio 3,5 mm, dan port USB Type-C.

Ponsel ini juga mendukung jaringan 4G LTE yang bisa memberikan koneksi internet yang cepat dan stabil.

Harga

Realme C55 dijual dengan harga Rp 2,5 juta untuk varian RAM 6 GB dan ROM 128 GB. Sedangkan untuk varian RAM 8 GB dan ROM 256 GB, harganya adalah Rp 3 juta.

Harga ini cukup terjangkau mengingat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan oleh ponsel ini. Realme C55 bisa menjadi pilihan bagi pengguna yang mencari smartphone dengan fitur Mini Capsule dan kamera 64 MP.***