Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Sebagai Mitra UMKM, Kadin Sultra Diganjar Penghargaan Kemenkumham

KENDARI – Kantor wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan penghargaan kepada Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Sultra.

Penghargaan ini diberikan langsung Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Sultra, Silvester Sili Laba saat merayakan Hari Dharma Karya Dhika (HDKD) ke-78, pada Senin (21/8/) kemarin.

Wakil ketua umum Kadin Sultra, Sastra Alamsyah mengatakan bahwa penghargaan yang diberikan ialah sebagai mitra kerja pengembangan UMKM.

Lebih lanjut, kata dia, pemberian penghargaan tersebut karena selama ini pihaknya mendorong para pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk mendaftarkan usahanya agar berbadan hukum melalui perusahaan perseorangan.

Baca Juga  Usai Diterpa Isu Miring, GAM Sultra Dukung KPU Konawe Sukseskan Tahapan Pemilu

“Mungkin karena banyaknya pelaku UMKM yang kita dorong membuat PT perseorangan dan kita membiayai itu, sehingga masyarakat datang membuat itu secara gratis,” ujar Sastra.

“Dan untuk saat ini yang telah mendaftarkan usaha ke Kemenkumham Sultra untuk didaftarkan sebagai perusahaan perseorangan kurang lebih sudah sebanyak 800 pelaku UMKM,” tambahnya.

Selain itu, antusias dari masyarakat sangat bagus saat Kadin mengagas program ini untuk dijalankan. Sebab dari target 1000 pelaku UMKM saat ini sudah mencapai 800 dengan waktu hanya dua bulan dari sejak dibuka.

“Di awal itu targetnya kita 1000 UMKM tapi sekarang yang mendaftar sudah sekitar 800 dalam kurung waktu 2 bulan dari sejak di buka,” jelasnya.

Baca Juga  Bapenda Sultra Ungkap Tunggakan Pajak Air Permukaan PT VDNI Senilai 26 Miliar

Untuk itu, Kadin Sultra di bawah kepemimpinan Anton Timbang akan terus mendorong para UMKM di sultra agar bisa membuat perusahaan perseorangan yang nantinya dapat memberikan legalitas prodak yang dimiliki.

Sebab menurutnya manfaat dari hal itu diantaranya bisa memudahkan para UMKM ketika ingin meminjam modal melalui perbankan, sebab kata hal itu bisa memberikan pengaruh kuat atau kepercayaan ketika usaha yang dijual telah dimiliki legal standing.(RS)