Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Sebelum Diperiksa KPK, Lukas Enembe Chek Kesehatan di RSPAD

JAKARTA – Tim KPK bersama Gubernur Papua Lukas Enembe tiba di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. KPK membawa Lukas ke RSPAD untuk menjalani pemeriksaan kesehatan sebelum dibawa ke KPK untuk diperiksa terkait kasus suap.

Selasa (10/1/2023), Lukas Enembe tiba di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, pada pukul 21.48 WIB. Lukas Enembe tampak dikawal ketat tim KPK dan kepolisian.

Tampak Dansat Brimob Polda Papua Kombes Budi Satrijo mengawal Lukas Enembe dari sebelah kiri saat memasuki Paviliun Kartika.

Lukas Enembe tidak berbicara saat tiba dan masuk ke RSPAD Gatot Soebroto.

Gubernur Papua Lukas Enembe akan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat sebelum dibawa ke KPK. Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan pemeriksaan ini untuk memastikan kondisi kesehatan Lukas Enembe.

Baca Juga  Ketua DPRD Jatim Diperiksa KPK sebagai Saksi Kasus Dana Hibah

“Dan berikutnya informasi yang kami terima dari teman-teman yang ikut mengawal, jadi untuk memastikan kondisi kesehatannya, sekali lagi karena kami tetap ingin menjunjung hak asasi manusia. Hak kesehatan dari tersangka,” kata dia.

“Dan prosedur hukum juga harus kami lakukan, maka dari acara direncanakan nanti akan dilakukan pemeriksaan lebih dahulu di RSPAD,” imbuhnya.

KPK juga menyiapkan pengamanan khusus.
“Ada lah pasti (pengamanan khusus). Kita sudah koordinasi,” kata Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri.

Menurut Ali, saat ini pihaknya tengah berkoordinasi dengan TNI-Polri. Nantinya, para personel tersebut bakal mengamankan gedung KPK saat pemeriksaan LE.

“Ya pasti, kami sudah lakukan koordinasi, melakukan pengamanan,” jelasnya.

Baca Juga  Ayah Mario Dandy Licin, KPK Harus Tahu Trik nya

Sebelumnya KPK menjemput paksa LE dari Papua. “Perkembangan dari penangkapan tersangka LE perlu kami sampaikan perkembangannya. Jadi memang benar saat ini masih dalam perjalanan dari transit Manado dan kemudian menuju Jakarta. Diperkirakan nanti pesawat sekitar 20.45 mendarat di Soekarno Hatta,” kata Ali.

Setiba di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, LE bakal menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto.(SW)