Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Serap Keluhan Warga di Lokasi Banjir, Pj Bupati Konawe Arahkan OPD Siapkan Kebutuhan Warga

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba (kanan) saat menyalami warga terdampak banjir di posko pengungsian. (Foto: Istimewa)

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, turun langsung memantau kondisi masyarakat yang terdampak banjir di Kecamatan Sampara.

Penyebab banjir tersebut diperkirakan berasal dari luapan air Sungai Baeni, yang mengakibatkan beberapa desa di kecamatan tersebut seperti Desa Baeni, Desa Konggamea dan Desa Anggalomoare mengalami kebanjiran.

Saat tiba di lokasi, Harmin Ramba beserta rombongan forkopimda lalu menuju Mesjid Istiqomah di Desa Konggamea yang menjadi posko pengungsian masyarakat terdampak banjir.

Salah satu warga (terdampak banjir) mengeluh agar segera diberikan bantuan air bersih, makanan, dan juga pakaian. “Pak pakaian anak bayi juga pak Bupati, bajunya anaku semua terbawa banjir, air bersih juga pak,” kata warga terdampak banjir.

Baca Juga  One Day Trail Adventure, Ratusan Rider Ikuti Jelajah Alam Konawe Kota Padi

Mendengar keluhan warga, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba langsung memerintahkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menyiapkan tandon air bersih serta menyiapkan dapur umum dilokasi posko.

“Nanti siapkan tandon air untuk warga,” ujar Harmin Ramba di lokasi pengungsian.

Selain itu, dirinya juga memerintahkan kepala OPD yang turut hadir untuk membagi tugas menyalurkan makanan kepada puluhan warga terdampak banjir.

“Untuk sebentar siang pak Kadis PK siapkan 100 bungkus makanan, sebentar malam Kadis Pertanian 100 bungkus, besok siang BPKAD 100 bungkus, mana PU malamnya besok. Jadi untuk makanan akan di siapkan oleh Pemda. Tempat tidur akan invetarisir, ” jelasnya.

Baca Juga  PT Antam Diduga Rugikan Negara Hingga Triliunan Rupiah, Benarkah Erick Tohir "Terlibat"?

Kepala Kesbangpol Sultra ini juga tak lupa mengucapkan selamat menyambut bulan Suci Ramadhan dan tetap sabar.

Ia mengungkapkan bahwa bencana banjir yang terjadi adalah ujian dari Allah SWT. “Jadi, semua yang terjadi ada hikmah dibalik itu,” ungkapnya.

Pj Bupati Konawe juga menghimbau kepada masyarakat dalam menyikapi cuaca ekstrim ini untuk lebih waspada.

“Begitu terjadi hujan keras cepat melapor kepada aparat atau pemerintah setempat, atau langsung kepada kami insya Allah kita akan lakukan bantuan secepatnya,” pungkasnya.

Diketahui, mulai Jumat malam (08/3) lalu, kepala Puskesmas Sampara siaga di lokasi pengungsian dengan memberikan layanan kesehatan gratis kepada masyarakat terdampak banjir.

Dalam peninjauan di lokasi bencana banjir, turut hadir Sekda Konawe Ferdinand Sapan, unsur forkopimda, Kapolsek Sampara Ipda Kasibun, Danramil 1417 -07 Sampara, Camat Sampara, Kepala Desa Konggamea, Kepala Desa Baeni dan Kepala Desa Anggalomoare.(Red)