Survey Kompas, Ganjar Diatas Prabowo dan Anies, PDIP Masih Tunggu Megawati

JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendapatkan elektabilitas tertinggi versi survei Litbang Kompas dibandingkan capres lainnya yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Ketua DPP PDIP Said Abdullah mengatakan PDIP tetap akan menunggu keputusan Megawati Soekarnoputri terkait pencapresan.

“Urusan bakal calon presiden, hal itu sepenuhnya kewenangan Ibu Megawati Soekarnoputeri selaku Ketua Umum PDI Perjuangan yang diberikan oleh kongres partai menentukan calon presiden. Kita tunggu saja keputusan Ibu Ketua Umum,” kata Said saat dihubungi, Rabu (22/2/2023).

Meski begitu, Said mengucapkan terima kasih atas kepercayaan masyarakat kepada PDIP dan kader-kadernya. Terlebih, PDIP juga memuncaki elektabilitas partai versi Litbang Kompas.

“PDI Perjuangan sangat berterima kasih atas limpahan kepercayaan rakyat yang tercermin melalui survei litbang kompas. PDI Perjuangan dinobatkan memuncaki elektabilitas partai partai versi litbang kompas. Ganjar Pranowo yang juga kader PDI Perjuangan mendapatkan elektabilitas tertinggi sebagai bakal calon presiden,” ucap Said.

Baca Juga  Kaesang Minta Maaf ke PDIP Terkait Ulah PSI di Masa Lalu

Lebih lanjut, Said memastikan pihaknya akan terus bekerja keras menjaga kepercayaan yang diberikan oleh rakyat. Karena itulah, menurutnya PDIP akan terus melakukan konsolidasi kepartaian ke bawah, memastikan struktural partai di semua tingkatan terus mengobarkan kerja kerja kerakyatan.

“PDI Perjuangan tidak segan-segan mencoret kader-kader yang tidak turun ke tengah tengah rakyat sebagaimana perintah Ibu Megawati Soekarnoputeri sebagai Ketua Umum. DPP PDI Perjuangan sudah menggariskan bahwa program program partai harus dijalankan sehebat hebatnya demi nilai manfaat terhadap rakyat, dan perbaikan kualitas lingkungan hidup,” ujar dia.

Litbang Kompas mengeluarkan hasil survei elektabilitas terbaru untuk calon presiden Pemilu 2024. Dalam Survei tersebut, elektabilitas Ganjar Pranowo lebih unggul dibandingkan Prabowo Subianto di posisi kedua, dan disusul Anies Baswedan.

Baca Juga  Jelang Pemilihan Legislatif, Harsul Marit Tingkatkan Kemampuan Tim Meraih Suara Masyarakat

Survei periodik ini diselenggarakan pada 25 Januari sampai 4 Februari 2023. Sebanyak 1.202 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 Provinsi.Penelitian ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error +-2,83.

Berikut hasil survei Litbang Kompas yang dirilis pada Rabu (22/2) tentang elektabilitas kandidat capres pada Januari 2023:

Ganjar Pranowo: 25,3%
Prabowo Subianto: 18,1%
Anies Baswedan: 13,1%
Ridwan Kamil: 8,4%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *