Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Tarik Minat Generasi Muda di Bidang Pertanian, Kementan Gelar Open Day di Maros Sulsel

Day
Polbangtan Gowa bersama Program YESS PPIU Sulawesi Selatan menggelar pameran hasil produksi pertanian bertajuk Open Day di SMK Pergis Yapki Maros, Sulsel. (Sumber: Humas Polbangtan)

MAROS – Dalam upaya memfasilitasi pemuda tani milenial, Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa bersama Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) PPIU Sulawesi Selatan menggelar pameran hasil produksi pertanian bertajuk Open Day di SMK Pergis Yapki Maros, Provinsi Sulawesi Selatan.

Menteri Pertanian (Mentan) RI Syahrul Yasin Limpo mengatakan bahwa Kementan akan terus memfasilitasi generasi muda agar bisa terjun menjadi petani serta wirausahawan pertanian.

“Kita fasilitasi mereka, kita tingkatkan pengetahuan dan kemampuan mereka melalui pelatihan. Kita manfaatkan teknologi, Alsintan, jejaring hingga jejaring pemasaran. Kita ubah pola pikir generasi muda bahwa pertanian itu keren, hebat dan satu-satunya sektor yang menjanjikan terlebih di tengah pandemik ini,” sebut Menteri Syahrul.

Terpisah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Dedi Nursyamsi menjelaskan dua kunci utama dalam pelaksanaan Program YESS.

“Pertama Program YESS hadir untuk meningkatkan kapasitas pemuda di pedesaan melalui pendidikan dan pelatihan untuk menjadi agen pembangunan pertanian. Kedua, membidik para pemuda agar memiliki jiwa kewirausahaan dari hulu sampai hilir,” jelas Dedi.

Digelar selama 2 hari, 7-8 Agustus 2023, Open Day dihadiri langsung oleh Bupati Maros, Direktur Polbangtan Gowa, Project Manager Program YESS, Anggota DPRD Provinsi Sulsel Andi Irfan AB, Kadis Pertanian Agustam, Kadis Koperindag Kab Maros, Kapolres Maros, Kodim 1422 Maros, Pimpinan SKPD, Dekan Fak.Pertanian Universitas Muslim Maros, DIT Kab.Maros, Kepala Sekolah SMK Pergis Maros beserta Tim, Kepala SMK se-kabupaten Maros, Koordinator Penyuluh dan Koordinator BPP Kab.Maros, Petani Millenial 14 kecamatan se-kabupaten Maros, dan Siswa SMK se-kabupaten Maros.

Baca Juga  Ngobras Penyuluhan Turut Semarakan ASN Culture Festival 2023

Bupati Maros H.A.S Chaidir Syam saat membuka kegiatan ini mengatakan bahwa tujuan dari Open day sendiri untuk menginspirasi anak muda agar terjun ke dunia pertanian.

“Dengan kegiatan ini, saya berharap untuk petani-petani milenial agar terus bergerak dan juga memberikan inspirasi buat pemuda-pemudi lainnya untuk terjun di dunia pertanian”. kata Chaidir Syam.

Chaidir Syam juga mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Polbangtan Gowa dan Program YESS Kementan karena telah berpartisipasi dalam meningkatkan petani di desa.

“Saya berterima kasih kepada Polbangtan Gowa dan Program YESS Sulsel atas partisipasinya dan senantiasa bergerak untuk petani-petani milenial, saya berharap juga agar terus menjalin koordinasi dengan sebaik-baiknya supaya program ini terus bisa berjalan dengan baik, sehingga dapat diwujudkan petani di desa meningkat” ujar Chaidir.

Baca Juga  Kementan: Golden Certificate Bentuk Apresiasi dan Pengakuan Pemerintah Atas Keberhasilan Pertanian Nasional

Direktur Polbangtan Gowa, Detia Tri Yunandar saat memberikan arahannya mengatakan bahwa tujuan Program YESS sendiri untuk meningkatkan kapasitas SDM muda sektor pertanian.

“Kegiatan Open Day diselenggarakan atas support Program YESS. Program YESS merupakan program percontohan yang golnya adalah untuk memberdayakan para pemuda, sehingga nantinya para pemuda memiliki kapasitas, kemauan, kemampuan untuk bergerak di sektor pertanian. Finalnya nanti, apabila Program YESS ini berhasil IFAD akan mempublish di beberapa negara” terang Detia.

Lebih lanjut Detia mengatakan “Tujuan kegiatan ini untuk menarik minat para pemuda khususnya para siswa pada dunia pertanian, sehingga memiliki kemauan yang kuat untuk bergerak di sektor pertanian”.

“Harapannya, para siswa SMK bisa melanjutkan pendidikannya pada jurusan pertanian, salah satunya bisa di Polbangtan Gowa yang merupakan sekolah dengan beasiswa full/gratis, mulai dari masuk sampai lulus, pembiayaan ditanggung negara”, pungkas Detia.

Rangkaian kegiatan open day terdiri dari Lomba Olahan Pangan, Pasar Murah, Talkshow, serta lomba Stand Terbaik. Pagelaran pameran hasil produksi bidang pertanian ini diikuti oleh Petani Milenial yang berdomisili di 14 Kecamatan se-Kabupaten Maros, SMPN 5 Mandai, SMPN 16 Mandai, SMP PERGIS Maros, SMPN 18 Lau, dan SMP Unggulan Darussalam Barandasi.

Baca Juga  Menghitung Hari Pelaksanaan Penas XVI di Padang, Mentan Tinjau Kesiapan

Munir salah satu penerima manfaat Program YESS Tahun 2022 di Kecamatan Turikale dengan usaha Kandang Tomaru juga ikut memamerkan produknya berupa Ayam Silky.

Munir mengatakan Program YESS sangat membantu usahanya “Dengan adanya Program YESS koleksi ayam sudah bertambah, yang dulunya hanya ada 1 warna sekarang sudah ada 2. Sekarang juga sudah ada tenaga kerja 1 orang. Program YESS juga banyak bikin pelatihan yang bermanfaat untuk pengembangan diri” terang Munir.