Usai Ganjar Resmi Capres PDIP, PAN Bakal Matangkan KIB Bersama Golkar dan PPP

JAKARTA – Setelah Ganjar capres PDIP, PAN akan melakukan silaturahmi dengan Partai Golkar dan PPP. Agendanya, katanya, mematangkan kebijakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Partai Amanat Nasional (PAN) mengucapkan selamat kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo yang resmi menjadi capres PDIP. Waketum PAN Viva Yoga Mauladi menilai pencapresan Ganjar akan mempercepat proses terbentuknya pasangan calon (paslon) lewat kerja sama antar partai politik.

“PAN mengucapkan selamat kepada Mas Ganjar Pranowo yang secara resmi telah dicalonkan sebagai capres PDIP di 2024. Hal ini tentu akan mempercepat proses terbentuknya pasangan calon melalui kerjasama partai politik sesuai persyaratan presidential threshold 20 persen kursi DPR RI sebagaimana diatur di pasal 222 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017,” kata Viva Yoga kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Viva menilai pencapresan Ganjar akan bermanfaat bagi demokrasi dan pendidikan politik rakyat. Sebab, pengumuman capres lebih awal akan memberi waktu pada masyarakat untuk menilai sosok calon pemimpin bangsa Indonesia.

Baca Juga  PPP Nilai Kenaikan Biaya Haji Rp 105 juta Memberatkan

“Ini akan bermanfaat bagi demokrasi dan pendidikan politik rakyat karena dengan pengumuman calon presiden dari awal maka masyarakat akan menilai, memverifikasi, dan mendiskusikan sosok calon pemimpin bangsanya. Sebelum masuk ke bilik tempat pemungutan suara (TPS) di pemilu 2024 nanti,” ujarnya.

Viva mengatakan partainya siap untuk bekerja sama dengan semua partai politik. Viva menyebut PAN akan terus memperkuat pilar demokrasi di Indonesia.

“PAN siap bekerjasama dengan semua partai politik dalam rangka mewujudkan pemilu yang Luber dan Jurdil, berkualitas, dan berintegritas, serta aman, nyaman, damai, dan bahagia. PAN akan selalu menjadi komponen yang terus memperkuat pilar demokrasi Indonesia,” ungkap Viva.

Setelah Ganjar capres PDIP, Viva mengatakan pihaknya akan melakukan silaturahmi dengan Partai Golkar dan PPP. Agendanya, katanya, mematangkan kebijakan Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Baca Juga  Bijaknya SBY Kala Diprotes Ada Foto Moeldoko di Museum Galeri SBY - ANI

“PAN setelah berlebaran akan melakukan rapat koordinasi sekaligus silaturahmi Idul fitri dengan Golkar dan PPP,” kata Viva.

“Tujuannya untuk mematangkan rencana penetapan kebijakan KIB,” sambungnya.

Untuk diketahui, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri akhirnya mengumumkan bakal calon presiden (capres) dari partainya. Megawati mengumumkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres dari PDIP.

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4).

Sementara Ketua Harian Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyambut baik pengumuman capres oleh PDIP. Dasco menyampaikan selamat dan apresiasinya kepada PDIP.

Baca Juga  NasDem Sebut Semakin Diserang, Elektabilitas Anies Semakin Naik

“Pertama kita ucapkan selamat dan apresiasi kepada PDIP yang telah menetapkan capres pada hari ini,” kata Dasco kepada wartawan, Jumat (21/4/2023).

Pengumuman capres PDIP, kata Dasco, kian memperjelas peta kontestasi Pilpres 2024. Dasco mengajak semua pihak memuluskan gelaran Pemilu 2024.

“Semoga kita semua memenuhi harapan rakyat, mewujudkan pemilu yang demokratis serta aman, damai dan lancar,” ujar Wakil Ketua MPR ini.(SW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *