Teks
Optimis Menangkan Pilwali, Asmawa Tosepu dan Yudhianto Mahardika Kompak Ambil Formulir Calon Wali Kota Kendari di Partai Demokrat - Kerusakan Jalan Mataiowi-Abuki, Proyek Rp18 Miliar Belum Setahun Sudah Bermasalah - Yusril Optimis Gugatan Kubu 01 dan 03 Bakal Ditolak MK - Harga HP Samsung Galaxy A15 Terbaru di April 2024, Yuk Cek Spesifikasi Lengkapnya - Info Lengkap: Harga Tiket Masuk dan Cara Pembelian Tiket Taman Mini Indonesia Indah

Warga Keluhkan Debu, PPWI Butur Minta PJ Gubernur Sultra Segera Aspal Jalan Provinsi di Butur

BUTON UTARA – Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI) Buton Utara (Butur), La Ode Yus Asman meminta kepada PJ Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Kadis SDA dan Bina Marga Sultra agar segera melakukan penanganan jalan di Desa Eelahaji, Kecamatan Kulisusu, Butur.

Pasalnya, Pembangunan infrastruktur jalan di desa Eelahaji, panjang sekitar 1.700 meter tersebut adalah status jalan provinsi ruas jalan Lambale-ereke. Saat ini sangat dikeluhkan oleh masyarakat karena adanya debu yang di khawatirkan berdampak buruk buat kesehatan terutama kesehatan terhadap anak-anak.

Maka dari itu kami minta Pj Gubernur Sultra, bapak Andap Budhi Revianto, Kadis SDA dan BM Sultra Bapak Pahri Yamsul, Kabid BM Prop Sultra Bapak Harmunadin, untuk segera di aspal jalan propinsi ruas Lambale – Ereke dan ronta-lambale khususnya di desa Eelahaji dan Langkumbe.

Baca Juga  Bantah Adanya Kecurangan, KPU: Ketidakcocokan Data Bukan Berarti Curang

Hal itu di katakan oleh Ketua DPC PPWI Butur, La Ode Yus Asman Kepada awak media melalui Press Rilisnya, Selasa (02/10/2023).

Asman mengatakan, berdasarkan informasi dari warga setempat, adanya debu di sepanjang jalan kurang lebih panjang 1.700 meter tersebut, Saat ini banyak terjadi kecelakaan akibat jalan rusak dan berdebu, kemudian masyarakat banyak sakit.

Pembangunan infrastruktur jalan status provinsi ruas Lambale-ereke hanya dilakukan penimbunan, Sampai saat ini belum ada penanganan lebih lanjut yang dilakukan oleh pihak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra.

“Sehingga pengguna jalan maupun masyarakat setempat hanya menghirup debu belakangan ini, karena itu sudah seharusnya Pemprov Sultra secepatnya melakukan penangangan atau mengaspal jalan tersebut,”Harapnya.

Baca Juga  Kapolres Butur Diminta Tindaki Pelaku yang Diduga Para Penimbun BBM Subsidi Ilegal

Kondisi jalan ruas Lambale – Ereke saat ini, selain sering terjadi kecelakaan, masyarakat banyak sakit ispa karena debu saat musim kemarau, serta proses belajar anak sekolah terganggu akibat debu masuk ke ruang kelas.

“Selain itu juga makanan yang di konsumsi tidak higienis akibat debu masuk sampai di dapur warga setempat,”terangnya.

Selaku Ketua DPC PPWI Butur, berharap dan meminta kepada pemprov Sultra agar segera dan secepatnya merealisasikan anggaran pengaspalan ruas jalan Lambale-ereke yang dimana kondisinya saat ini di khawatirkan akan ada lagi kecelakaan selanjutnya dan masyarakat banyak yang sakit.

“Kalau perlu di jadikan program prioritas PJ Gubernur dan Kadis SDA dan Bina marga Sultra pembangunan infrastruktur jalan status provinsi yang ada di Kabupaten Butur ini,” Kata Asman.

Baca Juga  Ketua Umum PPWI Kunjungi Lapas Salemba dan Besuk Alvin Lim, Kondisinya Terlihat Lemas

Di kesempatan itu, Asman mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Kabid Pemadam Kebakaran (Damkar) Butur yang hampir seminggu ini rutin melakukan penyiraman sepanjang jalan di Desa Eelahaji.

“Saya sangat apresiasi langkah yang dilakukan oleh Kabid Damkar Butur, Pak Rahman melalui inisiatifnya sendiri menerjunkan petugas Damkar dengan Dua Unit Mobil Damkar untuk rutin melakukan penyiraman,” tutupnya.(red)