Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Bangun Kampung Nelayan, Pj Bupati Konawe Diberi Bantuan Rp 28 Miliar dari Kementerian Kelautan

JAKARTA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe mendapatkan bantuan sebesar Rp 28 Miliar untuk pembangunan kampung nelayan modern dari Dirjen PDSPKP Kementrian Kelautan dan Perikanan RI, Jum’at (15/3/2024).

Hal itu diungkapkan Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba, usai melakukan rapat bersama dengan Direktorat Jenderal (Dirjen) Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia di Jakarta.

Harmin Ramba juga mengungkapkan, agenda rapat bersama Dirjen PDSPKP Kementerian Kelautan dan Perikanan, membahas program pembangunan kampung nelayan modern (Kalamo) di daerah.

“Kampung Nelayan Modern ini untuk mendukung Visi Misi Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan Program Kota Padi, Kabupaten Konawe,” ungkap Harmin Ramba.

Harmin Ramba mengatakan, untuk mendukung program Kalamo ini, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, memberikan bantuan puluhan miliar untuk Kabupaten Konawe.

Baca Juga  Konawe Dapat Bantuan Dana 15 Miliar dari BNPB Pusat, Pj Bupati: Jangan Bekerja Setelah Ada Bencana

“Alhamdulillah, kita diberikan bantuan pembangunan Kampung Nelayan Modern di Kecamatan Soropia senilai 28 miliar,” imbuhnya.

Harmin Ramba berharap, masyarakat Kabupaten Konawe, khususnya masyarakat nelayan di daerah pesisir dapat menikmati bantuan dari pemerintah dengan baik, untuk mewujudkan kesejahteraan sebagaimana yang diharapkan dalam Visi Misi KKP dan Pemerintah Kabupaten Konawe.

“Dengan program Kampung Nelayan Modern ini, kami berharap masyarakat nelayan kita bisa sejahtera, maju dan mandiri,” harapnya.

Ia juga menegaskan, selain membahas program pembangunan Kampung Nelayan Modern, dalam rapat juga membahas pembangunan budi daya ikan tambak.

Diketahui, dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia khususnya masyarakat nelayan, Kementerian Kelautan dan Perikanan: memiliki VISI yaitu:

Terwujudnya Masyarakat Kelautan dan Perikanan yang Sejahtera dan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan yang Berkelanjutan untuk “Mewujudkan Indonesia Maju yang Berdaulat, Mandiri dan, Berkepribadian, berlandaskan Gotong Royong”.

Baca Juga  Pemkab Konawe Gelar Operasi Pasar Guna Memastikan Harga Sembako Stabil

Sedangkan untuk mencapai tujuan atau Visi tersebut, KKP akan melaksanakan dua MISI yaitu, pertama, peningkatan Kualitas Manusia, melalui peningkatan Daya Saing SDM KP dan Pengembangan Inovasi dan Riset Kelautan dan Perikanan.

Kedua, struktur ekonomi yang produktif, mandiri, dan berdaya saing, melalui peningkatan kontribusi ekonomi sektor Kelautan dan Perikanan terhadap perekonomian Nasional.

Sementara Pemerintah Kabupaten Konawe dalam mensinergikan program, dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI di daerah mempunyai VISI yaitu, Konawe yang Maju dan Mandiri

Konawe yang maju, yaitu semua potensi daerah di Kabupaten termasuk ASN selalu bergerak dan memiliki daya saing kompetitif dan komparatif sebagai satu kekuatan nyata untuk membangun daerah.

Konawe yang mandiri, yaitu kemampuan produktif masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dasar baik material, intelektual dan kemandirian pembinaan sehingga hakekat otonomi daerah itu dapat terlaksana.

Baca Juga  Teken NPHD Pengamanan Pilkada Serentak 2024, Ini Harapan Pj Bupati Konawe

Untuk menuju Konawe Maju dan Mandiri, Pemerintah Kabupaten Konawe akan melaksanakan dua MISI, yakni:

Pertama, Menjadikan sektor kesehatan, pendidikan, pertanian, peternakan dan perikanan serta kawasan industry sebagai program utama pembangunan konawe.

Kedua, Menjadikan sektor infrastruktur, ekonomi dan lingkungan hidup serta kebudayaan sebagai program pendukung utama.(**)