Breaking News

Diajak Atau Tidak Koalisi, Hanura Tetap Dukung Ganjar

JAKARTA – Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) resmi mendeklarasikan dukungan terhadap Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang (OSO) menyebut dukungan itu merupakan tanda Hanura telah menjadi satu dengan Ganjar.

“Tapi tunggu dulu kita jangan bicara koalisi dulu, kenapa? Karena tanpa koalisi saja dia bisa maju sendiri, jadi bagaimana kita mau bicara soal koalisi? Itu kalau dia mau, yang jelas kita partai kita sudah mendukung artinya tanpa koalisi pun kita sudah menjadi satu kepada dia,” kata OSO kepada wartawan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (22/4/2023).

OSO mengatakan Hanura merupakan pengusung Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024 mendatang. Dia menuturkan diajak atau tidak diajak berkoalisi dengan PDIP, Hanura tetap akan mengusung Ganjar.

Baca Juga  Gerindra: Prabowo - Ganjar, Tak Mungkin Ada Dua Capres dalam Satu Koalisi

“Kita sudah pengusung kok, menyediakan diri sebagai pengusung ya artinya diajak (koalisi) atau tidak diajak kita pengusung kok,” ujarnya.

Ganjar Pranowo dinilai merupakan figur yang berpihak kepada rakyat dan daerah. Menurut OSO, menemukan calon pemimpin yang berpihak kepada daerah jauh lebih penting dibanding bicara soal koalisi.

“Saya tidak melihat koalisi menjadi penting, saya melihat adalah kepentingan bangsa lebih diutamakan dalam meneruskan pola sistem yang betul-betul berpihak kepada daerah, karena tagline partai saya adalah berpihak kepada daerah,” ujarnya.

OSO mengatakan pihaknya akan memperkenalkan dukungan terhadap Ganjar di seluruh DPD Hanura. Dia menuturkan Hanura akan bergerak cepat mengenalkan Ganjar kepada masyarakat jika nantinya Ganjar sudah memiliki cawapres.

“Langkah kongkrit kita adalah sosialisasi kepada daerah-daerah, lantas memberitahu kepada DPD-DPD kita di seluruh Indonesia, pertama mendukung Ganjar Pranowo, lantas nanti kalau sudah lengkap dengan wakilnya maka kita akan bekerja begitu cepat untuk mensosialisasikan calon itu. Ganjar sendiri kan tidak mungkin sebelum ada wakilnya, jadi dia juga akan segera tentu partainya menyiapkan wakil siapa yang cocok dengan itu,” ujar mantan Ketua DPD RI itu.

Baca Juga  5 Kandidat Bakal Cawapres Ganjar, Tiga Nama Paling Kuat

Namun, Hanura belum berkomunikasi dengan Ganjar terkait deklarasi dukungan tersebut. Menurutnya, dukungan terhadap seorang capres harus dilakukan secara penuh.

“Ya belum lah. Orang ketemu juga belum. Telepon juga belum. Jadi kalau mau mendukung itu ya jangan setengah-setengah. Kita harus mendukung dulu baru ketemu,” ujarnya.

Lebih lanjut, OSO juga mengatakan belum ada rencana pertemuan antara Hanura dengan PDIP terkait dukungan terhadap Ganjar. Dia menegaskan seluruh DPD Hanura di seluruh Indonesia sepakat mendukung Ganjar maju capres di Pilpres 2024.

“Saya kira kita partai yang sudah dewasa, tidak perlu lagi kita mengadakan pertemuan-pertemuan, kalau memang kita tulus, ikhlas mendukung itu buat apa pertemuan, kita pakai hati nurani, itulah partai kita, jadi jangan mempermainkan ini yang membikin koalisi-koalisi nanti juga bubar, kalau koalisi tidak cocok,” ujarnya.(SW)

Baca Juga  Presiden Jokowi Ungkap Masih Ada Kemungkinan Reshuffle Lagi, Nasdem Ketar-ketir

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *