Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Diganjar Penghargaan UPP Kabupaten Terbaik 2023, Pj Bupati Konawe: Ini Harus Dipertahankan

KONAWE – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe meraih penghargaan sebagai Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Kabupaten terbaik tahun 2023 oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia (RI) di aula kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Jumat, 2/2/2024.

Penghargaan yang diberikan Kemenkumham RI tersebut atas kinerja dan komitmen pemerintah kabupaten konawe dalam memberantas pungutan liar (Pungli) pada perekrutan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) tahun 2023.

Penghargaan itu juga diserahkan langsung oleh Ketua UPP Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) dan juga sebagai Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Yun Imanullah, S.I.K melalui Kombes Pol Harry Ganda Butar Butar, S.I.K.

Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih, serta penghargaan setinggi tingginya kepada Tim UPP Kabupaten Konawe.

Baca Juga  Pemda Raih Penghargaan Pengelolaan DAK Fisik Terbaik 2023, Pj Bupati Konawe: Prestasi Ini Harus Dipertahankan

Menurutnya, penghargaan ini adalah suatu kebanggaan, namun di sisi lain menjadi beban berat yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

“Saya ingin mengutip dari kata Gubernur Sultra penghargaan yang diberikan bukan hanya sekedar Ceremony suatu kebanggaan. Tapi sebenarnya penghargaan itu suatu amanah yang harus wajib dan muda-mudahan di kepemimpinan kami praktek pungutan liar ini bisa kita minimalisir,” ucap Harmin Ramba.

Sehingga, kata Harmin Ramba, praktek pungutan liar perlu diberantas secara tegas, efisien dan mampu menimbulkan efek jerah.

Ia mengungkapkan satgas yang telah di diamanatkan oleh Peraturan Presiden nomor 87 tahun 2016 mempunyai tugas melaksanakan pemberantasan pungutan liar secara efektif.

“Harapan kita satgas ini bukan hanya satu lembaga yang mempunyai organisasi. Tapi perlu kita jalankan. Sejak awal saya menjadi Pj Bupati Konawe, saya sudah berkomitmen tidak ada lagi namanya pungli di sebuah lembaga,” lanjutnya.

Baca Juga  Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Beri Kuliah Umum Ratusan Mahasiswa Konawe di Jakarta

“Saya tau di lapangan masih ada yang mengatasnamakan ini perintah bupati, ini perintah pj apalagi saya harap teman-teman satgas siber pungli kalau ada yang kaya bgitu di tangkap lalu kita sama-sama memberikan sanksi sebagai efek jerah kepada pelaku. Insya Allah saya punya komitmen memberantas pungli di kabupaten konawe,” tegas Pj Bupati Konawe.

Ketua UPP Provinsi Sultra yang juga merupakan Irwasda Polda Sultra Kombes Pol Yun Imanullah, S.I.K melalui Kombes Pol Harry Ganda Butar Butar, S.I.K., mengatakan Kemenkumham memberikan penghargaan kepada 3 UPP terbaik di Indonesia, salah satunya adalah UPP Sulawesi Tenggara.

“3 (tiga) provinsi yang mendapatkan penghargaan ini adalah UPP Jawa Barat, UPP Jawa Tengah dan UPP Sulawesi Tenggara,” jelasnya.

Kombes Pol Harry Ganda Butar Butar, S.I.K. mengungkapkan untuk Sulawesi Tenggara penghargaan ini didapatkan atas keberhasilan UPP Kabupaten Konawe dalam melakukan operasi tangkap tangan (OTT) dengan nilai terbesar dalam proses perekrutan PPPK guru di Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe.

Baca Juga  Momen Lebaran Anak Yatim, Pj Bupati Konawe Himbau Peringatan 10 Muharram Dijadikan Agenda Rutin Pemda

“Bisa dikatakan UPP Kabupaten Konawe menjadi Kabupaten terbaik dari 416 Kabupaten Se Indonesia,” pungkasnya.

Laporan: Redaksi