Teks
PP Muhammadiyah menetapkan Idul Fitri 2024 atau 1 Syawal 1445 H pada Rabu, 10 April 2024 - Kemenag RI akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal 1445 H atau Idul Fitri 2024 pada 29 Ramadhan - Suarakarsa.com: Mengucapkan selamat menjelang Idul Fitri 2024

Hari Pangan Dunia, Air dan Pangan Adalah Kehidupan

JAKARTA – Hari Pangan Dunia, Air dan Pangan Adalah Kehidupan. Hari Pangan Sedunia atau World Food Day adalah peringatan tahunan yang jatuh pada tanggal 16 Oktober. Peringatan Hari Pangan Sedunia berada di bawah Organisasi Pangan dan Pertanian PBB atau Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Lalu, apa tema Hari Pangan Sedunia 2023? Bagaimana asal-usul peringatannya? Berikut informasi selengkapnya.

Dilansir situs resmi Food and Agriculture Organization (FAO), Hari Pangan Sedunia 2023 mengusung tema ‘Water is Life, Water is Food. Leave No One Behind’ yang artinya Air adalah Kehidupan, Air adalah Makanan. Jangan Tinggalkan Siapa Pun’. Tema ini bertujuan untuk menyoroti peran penting air bagi kehidupan di bumi serta sebagai sumber makanan.

Baca Juga  Lewat Pelatihan Sejuta Petani dan Penyuluh Vol. 7, Kementan Wujudkan Pertanian Ramah Lingkungan

Hal ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia mengenai pentingnya pengelolaan air secara bijaksana seiring dengan pesatnya pertumbuhan penduduk, pembangunan ekonomi, urbanisasi, dan perubahan iklim yang mengancam ketersediaan air.

Makna Tema Hari Pangan Sedunia 2023
Hari Pangan Sedunia 2023 berfokus pada air beserta penggunaannya. Air memiliki peran penting dalam membentuk lebih dari 50% tubuh makhluk hidup, menutupi sekitar 71% permukaan Bumi, hingga menjadi kekuatan bagi manusia, perekonomian dan alam serta fondasi pangan.

Namun, pertumbuhan penduduk yang pesat, urbanisasi, pembangunan ekonomi, dan perubahan iklim menjadikan sumber daya air di bumi semakin terbatas. Ketersediaan serta kualitas air menurun dengan cepat akibat buruknya penggunaan dan pengelolaan selama beberapa dekade, ekstraksi air tanah yang berlebihan, polusi dan perubahan iklim.

Baca Juga  Jaga Ketahanan Pangan Nasional, Kementan Minta Penyuluh Mitigasi Hadapi El Nino

Oleh karena itu, Hari Pangan Sedunia 2023 mengajak seluruh masyarakat untuk lebih bijak dalam menggunakan air. Kita perlu memproduksi lebih banyak pangan dan komoditas pertanian penting lainnya dengan lebih sedikit air, sambil memastikan air didistribusikan secara merata, sistem pangan tetap terjaga, dan tidak ada seorang pun yang tertinggal.

Pemerintah perlu merancang kebijakan berbasis ilmu pengetahuan dan bukti yang memanfaatkan data, inovasi, dan koordinasi lintas sektoral untuk merencanakan dan mengelola air dengan lebih baik. Mereka perlu mendukung kebijakan-kebijakan dengan meningkatkan investasi, teknologi dan pengembangan kapasitas, sambil memberikan insentif kepada petani dan sektor swasta untuk terlibat dalam solusi terpadu demi penggunaan air yang lebih efisien.

Baca Juga  Komitmen Perbaiki Kualitas Lingkungan, Kementan Gelar Pelatihan Pertanian Ramah Lingkungan

Penetapan Hari Pangan Sedunia
Hari Pangan Sedunia diperingati setiap tanggal 16 Oktober untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan tindakan demi masa depan pangan, manusia, dan planet ini. Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO) menetapkan tanggal 16 Oktober sebagai Hari Pangan Sedunia pada tahun 1979.(SW)