Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Harmin Ramba Apresiasi Kegiatan Utsawa Dharma Gita V Umat Hindu di Tongauna

KONAWE – Pejabat (Pj) Bupati Konawe Dr. H. Harmin Ramba SE, MM, menghadiri kegiatan Utsawa Dharma Gita V, di Wantilan Pura di Kelurahan Mekar Sari Kecamatan Tongauna, Minggu, 14/1/2024.

Acara yang diselenggarakan oleh Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kabupaten Konawe tersebut mengangkat tema Literasi Sastra Suci Mewujudkan SDM Hindu yang moderat dan kompetitif serta menumbuhkembangkan interaksi yang berguna menuju masyarakat Konawe yang sejahtera.

Diharapkan iven yang diikuti Tiga Ratusan orang peserta dari Lima kecamatan ini akan mendapatkan bibit utsawa dharma gita terbaik untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kegiatan Utsawa Dharma Gita V Tingkat Kabupaten Konawe ini, dihadiri langsung oleh Pejabat Bupati Konawe, Dr. H. Harmin Ramba SE, MM,, Para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda Konawe, Kapolsek Tongauna, Camat Tongauna, Ketua LPDG Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Nengah Suaryo, S.H., MH,
Kepala Kantor, Kemenag Kab. Konawe. H. Ahmad Lita Rendelangi, Anggota DPRD kabupaten Konawe, Kadek Rai Sudiani Pembimas Hindu Sultra, I Komang Sukeyasa, S.E dan Ketua Panitia Hery Susanto, S.Pd,. GR. serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan sejumlah pihak-pihak terkait lainnya.

Pejabat (Pj) Bupati Konawe Dr. Harmin Ramba, dalam sambutannya, mengatakan bahwa Pemda akan selalu mendukung penuh setiap kegiatan keagamaan, pembangunan rumah ibadah dan kesejahteraan tokoh agama.

Baca Juga  Perangi Narkoba, Pj Bupati Konawe Minta BNK Lakukan Tes Urine Seluruh Aparatur Pemda

Lanjut, Harmin Ramba mengatakan pelaksanaan Utsawa Dharma Gita ke V, tersebut merupakan salah satu upaya untuk melestarikan, mengembangkan, serta memasyarakatkan Dharma Gita di kalangan Umat Hindu.

Olehnya itu, kata pria yang biasa disapa Harmin ini juga berpesan kegiatan semacam ini tentulah sudah sangat tepat digiatkan dalam bentuk perlombaan, agar budaya leluhur senantiasa tetap terjaga dan terus dilestarikan.

Ia mengajak kepada seluruh hadirin untuk mengamalkan ajaran agama yang dianut dengan baik dan benar, salah satunya dengan cara menjalin kerukunan, harmoni dan bertoleransi antar umat beragama di Kabupaten Konawe yang kita cintai ini,

“Penyelenggaraan UDG V Tingkat Kabupaten Konawe, diharapkan agar kegiatan ini dapat berjalan dengan sebaik-baiknya,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua panitia pelaksana Utsawa Dharmagita V, Hery Susanto S.Pd.,Gr. Saat menjelaskan bahwa tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memotivasi anak-anak, remaja dan orang dewasa tentang pentingnya kidung-kidung suci yang sangat berkaitan dengan niatnye.

Niatnye artinya sesajen yang sering dipersembahkan sebagai tradisi untuk menghubungkan Sang Hyang Widhi Wasa atau sang pencipta Tuhan yang Maha Esa.

Baca Juga  Terima Kunjungan Dua Investor Asing asal China, Harmin Ramba Yakinkan Potensi Daerah Routa

“Kegiatan Utsawa Dharma Gita V. ini merupakan kegiatan perdana yang di Hadiri oleh Bupati Konawe serta kegiatan ini juga dilakukan setiap 2 tahun sekali,” kata Hery Susanto S.Pd, berharap bisa melaksanakan kegiatan Utsawa Dharma Gita setiap Tahunnya.

Melalui kegiatan Utsawa Dharma Gita, umat Hindu memantapkan pemahaman, penghayatan dan pengalaman ajaran suci untuk memperluas wawasan keagamaan.

Selain itu, ia juga menyebutkan bahwa dalam kegiatan ini ada 8 jenis perlombaan yang akan dipertandingkan salah satunya adalah lomba pembacaan slogan terbanyak.

“Lomba ini sama halnya dengan lomba kesenian kerohanian,” jelasnya.

Lebih lanjut, Dharma Gita merupakan salah satu metode pemahaman dan penghayatan nilai-nilai ajaran agama Hindu dan sekaligus salah satu cara berbakti kepada Sang Hyang Widhi Wasa atau Tuhan Yang Maha Esa.

Dharma Gita sebagai nyanyian suci keagamaan Hindu memiliki peran yang sangat penting dalam pembinaan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama Hindu.

Utsawa berarti festival atau lomba. Dharma Gita berarti nyanyian suci keagamaan. Tujuannya, adalah meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan dan pengalaman Kitab Suci Weda.

“Selain itu, meningkatkan sraddha dan bakti sebagai landasan terbentuknya susila bagi umat Hindu dan memantapkan kerukunan intern di kalangan umat Hindu yang dinamis dan faktual,” tutup ketua panitia pelaksana kegiatan Utsawa Dharma Gita V, Konawe, Hery Susanto S.Pd.,Gr.

Baca Juga  Secara Simbolis, Pj Bupati Konawe Serahkan 500 Sertifikat Tanah Program PTSL Pada Masyarakat

Ditempat yang sama, tim media juga mewawancarai salah satu peserta yang berasal dari Kecamatan Amongedo, ibu Ni Nyomannmengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah.

Ia juga sangat mengapresiasi kepada Bapak Bupati Konawe, dimana kita tau saat ini adalah hari libur namun Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba masih menyempatkan diri untuk hadir dalam perayaan kegiatan ini, ia juga berharap kepada Panitia pelaksana kiranya bisa ada perwakilan dari desa adat masing masing sehingga bisa lebih ramai lagi.