Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Jokowi Ajak Cucu ke Candi Prambanan di Akhir Pekan

SLEMAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menghabiskan waktu dengan momong cucu-cucunya. Ia mengajak Jan Ethes dan La Lembah Manah ke Candi Prambanan yang berada di Sleman, DI Yogyakarta, pada Sabtu, 7 Januari 2022.

Dalam video yang diunggah ke chanel Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi juga mengajak putra sulungnya Gibran Rakabuming Raka dan menantunya Selvi Ananda. Ibu negara Iriana Jokowi dilaporkan ikut serta.

Seperti biasa, Jokowi mengenakan setelan andalannya, kemeja putih polos yang dikombinasikan dengan celana panjang hitam. Mereka berangkat dari Gedung Agung, Istana Kepresidenan di Yogyakarta.

Sebelum berangkat, kamera sempat menyorot tangan Jokowi yang asyik menggoyang-goyangkan lato-lato, mainan anak-anak yang sedang populer saat ini. Sementara, tangan satunya menggandeng Lembah Manah yang kini berusia 3 tahun.

Si cucu sulung juga tak kalah sibuk. Lato-lato warna kuning disampirkan ke bahunya, sedangkan kedua tangannya menggenggam ponsel dan kotak kue. Jan Ethes tampil modis mengenakan kaus polo bermotif keluaran brand Kenzo.

Baca Juga  Menteri Sandiaga Uno Ungkap Pemulihan Ekonomi Nasional Melalui Subsektor Periklanan

Pakaian yang dikenakan cucu Jokowi itu menjadi sorotan. Dikutip dari laman juniorcouture, Minggu (8/1/2022), kaos polo tersebut dihargai 113 dolar AS atau sekitar Rp1,76 juta, sedangkan di situs Farfetch, kaos polo serupa dijual seharga 140 dolar AS atau sekitar Rp2,2 juta. Kaus itu dikombinasikan dengan celana denim panjang dan topi snapback dengan motif stroberi keluaran Gucci.

Saat tiba di Candi Prambanan, keluarga Jokowi menumpang golf cart menuju pelataran candi. Dikutip dari Antara, mereka berkeliling dipandu langsung oleh Kepala Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah X Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Manggar Sari, yang menjelaskan sejarah Candi Prambanan.

Dari video, Jan Ethes terlihat menyimak penjelasan yang diberikan. “Ini yang paling besar,” kata Manggar sembari menunjuk Candi Siwa yang berketinggian 47 meter.

Baca Juga  Komisi III DPRD Konawe Studi Tiru Pengelolaan Sampah di Kabupaten Bogor

Jokowi juga mengajak kedua cucunya untuk masuk ke dalam salah satu candi, untuk melihat lebih dekat relief yang terukir di sana. Tangan mungil Lembah Manah dan Jan Ethes sesekali menyentuh relief, untuk merasakan permukaan candi Hindu tersebut.

Kunjungan tersebut dalam rangka wisata edukasi bagi kedua cucunya. Kehadiran keluarga Presiden Jokowi cukup menarik antusiasme pengunjung Candi Prambanan yang tidak menyangka bakal mendapat kesempatan bertemu orang nomor satu tersebut. Ia beberapa kali menerima permintaan foto bersama dari pengunjung candi yang datang.

“Enggak nyangka lagi study tour eh ada Pak Jokowi,” kata salah satu pengunjung bernama Amelia.

Candi Prambanan merupakan salah satu destinasi favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Candi ini merupakan bagian dari gugusan percandian yang mendapat predikat sebagai Warisan Budaya Dunia (World Heritage) dengan nama Prambanan Temple Compounds (Candi Prambanan, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Bubrah, dan Candi Asu) dari UNESCO.(SW)