Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Komitmen Bangun Konawe sebagai Kota Padi, Harmin Ramba Salurkan Bantuan Alsintan

KONAWE – Sebagai upaya dalam meningkatkan produktivitas di sektor pertanian, Pemerintah Kabupaten Konawe melalui Penjabat (Pj) Bupati Harmin Ramba, menyerahkan 34 unit bantuan alat mesin pertanian (Alsintan) kepada beberapa kelompok tani.

Penyerahan bantuan alsintan tersebut dilaksanakan didepan kantor Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan.

Dalam acara penyerahan, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba turut didampingi Perwira Penghubung (Pabung) Konawe, Letkol Inf. Azwar Dinata, Kepala Dinas terkait H. Gunawan serta asisten II Setda Konawe, Muh. Akbar.

Harmin Ramba mengungkapkan bahwa bantuan alsintan yang diserahkan ini merupakan hasil pertemuannya dengan Menteri Pertanian RI beberapa waktu lalu.

“Bantuan ini adalah bentuk dari komitmen setelah pertemuan kami dengan Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman. Dan hari ini kita realisasikan, bantuan alsintan ini berupa handtraktor sebanyak 24 unit, alsintan 5 unit dan combine 5 unit,” kata Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, Senin (19/2) kemarin.

Baca Juga  Pj Bupati Konawe Hadiri Resepsi Pernikahan Anak Menteri Pertanian RI

Bantuan ini juga diharapkan dapat membantu proses pertanian para petani menjadi lebih efektif mulai dari penanaman hingga panen nantinya.

“Ini kita serahkan secara transparan, tanpa adanya pungutan apapun. Dan ini murni untuk kepentingan masyarakat petani,” imbuhnya.

Dirinya juga berkomitmen akan terus mendukung para petani lokal dalam meningkatkan hasil pertaniannya.

“Saya berharap alat mesin pertanian yang telah diserahkan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya tanpa disalahgunakan,” terang Kepala Kesbangpol Provinsi Sulawesi Tenggara ini.

Disamping itu, Harmin Ramba juga menegaskan jika bantuan alsintan tersebut sangat berhubungan dengan konsep pembangunannya di Konawe sebagai Kota Padi.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, H. Gunawan menambahkan bahwa penyerahan bantuan alat mesin pertanian kepada kelompok tani ini tersebar dibeberapa kecamatan di Konawe.

Baca Juga  Dugaan Kampanye Terselubung Pj Bupati Konawe, Bawaslu Sebut Faktanya Tidak Ada

“Untuk tahap berikutnya, bantuan yang sudah kita usul yaitu 100 unit handtraktor, 20 unit jonder dan 50 unit combain,” ucap Kepala Dinas, H. Gunawan.

Dengan adanya bantuan ini, dirinya berharap sektor pertanian di Kabupaten Konawe semakin berkembang dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam perekonomian dan kesejahteraan para petani.(Red)