Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Libatkan Penyuluh Pertanian dan Stakeholder, Kementan Yakin Regenerasi Petani Terwujud

Libatkan Penyuluh Pertanian dan Stakeholder, Kementan Yakin Regenerasi Petani Terwujud
Kegiatan pelatihan dalam upaya mendukung program regenerasi petani Kementan di Hotel Ibis Center Makassar, Tanggal 27-29 Mei 2024 ( Sumber : Humas Polbangtan Gowa)

GOWA – Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) telah melakukan berbagai Upaya dalam usaha regenerasi petani dan penumbuhan wirausaha tani Indonesia.
Salah satu upayanya melalui Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services (YESS) yang merupakan kolaborasi dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam beberapa kesempatan selalu menyakinkan kepada generasi muda untuk mengubah paradigma pertanian sebagai sektor yang menjanjikan.

“Generasi muda juga harus bisa mengikuti perkembangan zaman. Harus berani menjadi petani modern maupun mendirikan startup pertanian,” kata Mentan Amran.

Hal senada dikemukakan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementan (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi bahwa pembangunan pertanian maju, mandiri dan modern perlu dilakukan penyiapan, pencetakan SDM pertanian unggulan. Dedi menekankan program Pembangunan SDM Pertanian unggul tersebut focus ke generasi milenial.
“Karena petani milenial inilah berperan penting di dalam pembangunan pertanian Indonesia bukan hanya saat ini tetapi 10 hingga 20 tahun kedepan,” sebut Dedi.

Baca Juga  Kementan Gaungkan Genta Organik, TNI-AD Siap Jadi Pelaku Pembangunan Pertanian
Kegiatan pelatihan dalam upaya mendukung program regenerasi petani Kementan di Hotel Ibis Center Makassar, Tanggal 27-29 Mei 2024 ( Sumber : Humas Polbangtan Gowa)

Dalam upaya penyiapan SDM unggul tersebut Polbangtan Gowa melalui PPIU YESS Sulsel mengumpulkan puluhan penyuluh Se-Kabupaten Gowa yang berada di bawah naungan BDSP atau Balai Pelatihan Pertanian Gowa.
Para penyuluh tersebut dilatih untuk menjadi trainer bidang pertanian di wilayah masing-masing. Selanjutnya, mereka yang telah terlatih akan memberikan pelatihan dan pemberdayaan bagi para kaum muda untuk terjun di sektor pertanian.

Menurut Direktur Polbangtan Gowa Detia Tri Yunandar pelatihan yang dilaksanakan di Hotel Ibis Center Makassar dan berlangsung dari tanggal 27-29 Mei 2024 tersebut sebagai Upaya mendukung program regenerasi petani Kementan.
Ia juga menekankan bahwa program regenerasi petani tersebut sangat penting, sebab akan menjadi ancaman bagi Indonesia, jika tidak ada regenerasi dan keberlanjutan di sektor pertanian.

Baca Juga  Kementan SYL: Keterbukaan Informasi Publik Sangat Penting Demi Ketahanan Pangan Nasional

“Olehnya penyuluh adalah ujung tombak untuk memberikan motivasi, suntikan psikis, dan membentuk mindset para pemuda milenial agar mereka menjadikan sektor pertanian sebagai mata pencaharian”, ungkap Detia saat memberikan sambutan di Hotel Ibis Makassar.

Detia berharap semua stakeholder juga mengarahkan perhatian dan komitmen, guna terus meningkatkan jumlah pemuda yang menjadikan pertanian sebagai prioritas.

“Tani saat ini itu sudah modern dan menjanjikan, sehingga perlu memberikan re-mindset kepada para pemuda di desa, bangkitkan semangat, motivasi, dan sentuh psikisnya agar tidak putus generasi tani kita”, paparnya.

Terakhir, Detia memotivasi seluruh peserta setelah pelatihan tersebut untuk berkomitmen dan berkolaborasi bersama, menciptakan tani millenial di Kabupaten Gowa.