Masa Jabatan Gubernur BI Habis, Jokowi Siapkan Nama Baru

JAKARTA – Nama-nama calon Gubernur Bank Indonesia (BI) untuk periode berikutnya sudah dikantongi oleh Presiden Joko Widodo. Paling lambat, Jokowi akan memutuskan usulan calon Gubernur BI besok.

“Kita putuskan kalau nggak hari ini, besok. Nama-nama sudah masuk,” ungkap Jokowi usai melakukan pengecekan Normalisasi Sungai Ciliwung di Jakarta, Selasa (21/2/2023).

Perlu diketahui, jabatan Gubernur BI sendiri diusulkan dan diangkat oleh Presiden dengan persetujuan DPR RI. Jokowi harus menyetor nama calon Gubernur BI ke DPR untuk meminta persetujuan.

Bila urusan di DPR sudah selesai dan calon yang diusulkan Jokowi diterima, Gubernur BI baru hanya tinggal tunggu waktu untuk diangkat secara resmi.

Sejauh ini sudah banyak nama beken yang masuk dalam bursa calon Gubernur BI, siapa saja?

Baca Juga  Hadiri HUT PGRI Ganjar Pranowo Sebut Jokowi Jadi Presiden Karena Guru

Nama Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati santer dikabarkan masuk sebagai salah satu kandidat calon Gubernur Bank Indonesia (BI). Bendahara Negara itu disebut akan menggantikan Perry Warjiyo yang masa jabatannya habis Mei 2023.

Selain Sri Mulyani, dari catatan pemberitaan beredar juga desas-desus kabar yang menyebut Perry Warjiyo akan kembali dipilih sebagai Gubernur BI untuk periode kedua.

Beberapa nama lain juga bermunculan dalam bursa Gubernur BI. Misalnya saja, Purbaya Yudhi Sadewa yang saat ini sebagai Ketua Dewan Komisioner Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), serta Destry Damayanti yang saat ini duduk di kursi Deputi Gubernur Senior BI.(SW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *