Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba Beri Kuliah Umum Ratusan Mahasiswa Konawe di Jakarta

JAKARTA – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Harmin Ramba memberikan kuliah umum sekaligus silaturahmi dengan mahasiswa – mahasiswi asal Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara yang kuliah di sejumlah Universitas di Jakarta.

Kuliah umum yang digelar di Daili In Hotel Cempaka Putih, Jakarta ini bertajuk “Konawe Harapan Rakyat Indonesia” menuju pengembangan sumberdaya manusia, yang difasilitasi oleh mahasiswa Konawe Raya yang di koordinator oleh Dr. Etny dan Dr. Syaharudin.

Kurang lebih 250 mahasiswa – mahasiswi asal konawe yang tersebar di sejumlah universitas di Jakarta sangat antusias mengikuti kuliah umum yang dibawakan oleh Pj Bupati Konawe, diantaranya mahasiswa Universitas Jaya Baya, Universitas Ibnu Qaldun, Universitas Negeri Jakarta dan STIE Jakarta.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Konawe menyampaikan apresiasinya terhadap semangat dan dedikasi mahasiswa asal daerahnya yang berjuang untuk mengejar ilmu di tengah-tengah persaingan di Jakarta.

“Kalian adalah harapan konawe di masa depan. Saya berharap kalian tidak hanya menjadi lulusan yang cerdas, tetapi juga memiliki kepedulian terhadap daerah asal serta dapat berkontribusi dalam pembangunan Konawe,” kata Harmin Ramba, Sabtu, 18 November 2023.

Baca Juga  Respon Cepat, Pj Bupati Konawe Cek Langsung Warga Terkena Krisis Air Bersih di Desa Pulowaru

Melalui kuliah umum tersebut, Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba juga memaparkan sejumlah skala prioritas pembangunannya di Konawe dalam kurun waktu satu tahun kedepannya diantaranya adalah sebagai berikut :

Tahun 2023, Pemda Konawe akan terus memantapkan kapasitas infrastruktur publik untuk mendorong kelancaran akses sosial dan ekonomi masyarakat.

Sedangkan pembangunan tahun 2024, yakni mendukung pelaksanaan Pemilukada dan transformasi pelayanan menuju smart pelayanan publik.

Selain itu, Harmin Ramba juga memaparkan sejumlah program 100 harinya selama menjabat sebagai pejabat (Pj) Bupati Konawe yakni untuk bidang pemerintah: seperti peningkatan pelayanan masyarakat, penegakkan disiplin ASN lingkup pemda Kabupaten Konawe.

Kunjungan kerja (Kunker) diwilayah terisolir Kecamatan Routa, peningkatan kinerja camat lurah dan desa sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan di daerah.
Bidang Keuangan: Pembayaran gaji ASN tepat waktu setiap tanggal 1 bulan berjalan, perbaikan sistem pengelolaan keuangan daerah, pembayaran gaji P3K tepat waktu.

Baca Juga  Sidak Pasar Asinua, Pj Bupati Konawe Pastikan Harga Pangan Stabil Sebelum Idul Fitri 1445 H

Bidang Pembangunan dan Lingkungan Hidup: Penataan ulang pohon pelindung dan ruang terbuka hijau kota unaaha, penambahan lampu hias pada jalur utama dan perbaikan taman kota unaaha, sistem pengelolaan sampah di kota unaaha, desain penataan tata ruang kota unaaha serta rehabilitasi pintu gerbang kota unaaha.

Bidang Ekonomi dan Sosial : Penyaluran beras bantuan pangan di Kecamatan yang berdampak elnino dalam setiap kunker, melakukan giat gerakan pasar murah dan operasi pasar dalam menekan inflasi, bantuan air bersih pada daerah berdampak elnino dan melakukan pendampingan langsung terhadap keluarga yang rentan kemiskinan ekstrem.

Bidang Kesehatan : menekan angka stunting melaui gerakan orang tua asuh oleh masing masing OPD, Forkominda dan PKK, melakukan swiping balita untuk penimbangan dan pengukuran balita, memperbaiki sistem pelaporan stunting dari tingkat puskesmas ke Kabupaten Dan Provinsi serta ke Pusat.

Tak hanya itu, Pj Bupati juga menyampaikan 8 arahan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo dihadapan ratusan mahasiswa – mahasiswi asal Konawe yaitu memastikan APBD dibelanjakan untuk produk dalam negeri.

Baca Juga  Pj Bupati Harmin Ramba dan Dirut BPR Bahteramas Konawe Diganjar Penghargaan Top BUMD Awards 2024

“Kabupaten memiliki diferensiasi dan memaksimalkan potensi daerah, jaga stabilitas polhukam menuju pemilu tahun 2024 serta menjamin kebebasan beragama, jangan sampai kalah oleh kesepakatan. Mengendalikan inflasi dan memantau langsung dilapangan, turunkan kemiskinan ekstrem 0% tahun 2024, fokus turunkan stunting, perhatikan investasi, dan jangan ada izin berbulan-bulan,” pungkasnya.(**)