Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Momen Presiden Jokowi Hadiri Apel Hari Santri Hingga Beri Sapaan kepada Menteri-menteri, Prabowo Subianto Disebut Pertama

Presiden Jokowi turut hadir dalam Apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, bersama denga menteri-menteri.
Presiden Jokowi turut hadir dalam Apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, bersama denga menteri-menteri. (Dok. Agus Suparto)

Presiden Jokowi bersama sejumlah pejabat elite hadir dalam acara Apel Hari Santri 2023 di Surabaya, Jawa Timur, yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) pada Minggu (22/10/2023).

Dalam kehadiran para menteri Kabinet Indonesia Maju dan pejabat negara lainnya, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi pejabat pertama yang disapa oleh Jokowi.

“Hadir bersama saya banyak sekali. Pak Menhan, Pak Prabowo Subianto,” kata Jokowi, diikuti oleh tempik-sorak dari hadirin.

Ia kemudian memperkenalkan Menteri Sekretaris Negara Pratikno. Setelahnya, Jokowi memperkenalkan Menteri BUMN Erick Thohir yang duduk di sebelah kanan Prabowo.

Namun, Erick terlihat hanya membungkukkan badan dari tempat duduknya, meskipun tetap disambut sorak-sorai oleh hadirin.

Baca Juga  Kadin Konawe, Yusran Akbar Salurkan 50 Tabung Oksigen di BLUD RS Konawe

Ia tidak berdiri dari tempat duduknya ketika diperkenalkan oleh Jokowi.

Keadaan ini berbeda dengan menteri-menteri dan pejabat lain yang kemudian diperkenalkan oleh Jokowi, termasuk Pratikno, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Investasi Bahlil Lahadialia, Panglima TNI Jenderal Yudo Margono, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri PAN-RB Abdullah Azwar Anas, dan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

Ketua DPR RI, Puan Maharani, juga hadir, namun tidak diperkenalkan langsung oleh Jokowi dalam siaran langsung Sekretariat Presiden. Dalam sambutannya, Jokowi memberikan penghargaan terhadap peran vital santri dalam perkembangan bangsa.

“Santri adalah pondasi kekokohan bangsa dan ini sudah terbukti sejak zaman perjuangan kemerdekaan,” ujarnya.

“Dengan lebih dari 36.000 pondok pesantren, kita memiliki kekuatan besar yang menentukan masa depan bangsa, menjadi penentu lompatan kemajuan bangsa,” tambahnya.

Baca Juga  Bijaknya SBY Kala Diprotes Ada Foto Moeldoko di Museum Galeri SBY - ANI

Sementara itu, nama Erick Thohir tengah bersaing ketat dengan putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, sebagai calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

Meskipun elektabilitas Erick lebih unggul dalam hasil survei beberapa lembaga, namun momentum politik cenderung mendukung Gibran sebagai kandidat kuat untuk berpasangan dengan Prabowo dalam Pilpres 2024.

Wali Kota Solo itu telah mendapatkan restu untuk maju pada Pilpres 2024 melalui Putusan Mahkamah Konstitusi yang dinyatakan oleh pamannya, Anwar Usman.

Sejak Jumat (20/10/2023), Gibran telah berada di Jakarta untuk bertemu dengan ketua-ketua umum partai politik pendukung Prabowo, dan mendapat respons positif.***