Teks
PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada - PT. Andala Bintang Sarana - Selalu Ada -

Raih Prestasi Desa Anti Korupsi, Harmin Ramba Promosikan Desa Ahuawatu Sebagai Tempat Studi Banding

KONAWE – Penjabat (Pj) Bupati Konawe, Dr. Harmin Ramba, SE, MM, mempromosikan Desa Ahuawatu, Kecamatan Pondidaha, menjadi tempat studi banding bagi Kepala Desa (Kades) Se-Kabupaten Konawe.

Hal itu disampaikan Harmin Ramba saat melakukan kunjungan kerja di Desa Ahuawatu, pada Rabu 20 Desember 2023.

Harmin Ramba, mengaku bangga dengan prestasi yang telah ditorehkan Desa Ahuawatu di bawah kepemimpinan Adi Hariyono.

Penunjukan Desa Ahuawatu sebagai tempat study banding bagi kepala desa khususnya di Kabupaten Konawe oleh Penjabat Bupati Konawe bukan tanpa dasar. Di mana Desa Ahuawatu baru saja meraih prestasi di tingkat nasional dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Republik Indonesia.

“Saya merasa bangga mempromosikan Desa Ahuawatu, kalau para kades mau study banding tidak usah jauh-jauh, di Desa Ahuawatu saja,” kata Harmin Ramba.

Baca Juga  Pj Bupati Konawe Bakal Evaluasi OPD Jika Gaji ASN dan PPPK Tak Segera Dibayarkan

Seperti diketahui, Desa Ahuawatu telah menjalani penilaian program desa anti korupsi dari lembaga anti rasuah, KPK RI. Hasilnya, Desa Ahuawatu mendapatkan kategori istimewa dengan nilai 93 persen bebas dari korupsi.

Kegiatan penilaian Desa Anti Korupsi ini melibatkan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Desa (Kemendes), Kementerian Keuangan (Kemenkeu), serta Inspektorat Provinsi dan Kabupaten.

Pencapaian Desa Ahuawatu ini bukan hanya mengharumkan nama desa dan kecamatan setempat, tetapi prestasi Desa Ahuawatu ini turut mengharumkan nama Kabupaten Konawe dan Provinsi Sulawesi Tenggara di tingkat Nasional. Dan telah diganjar dengan penghargaan sebagai Desa Anti Korupsi Kategori Istimewa.

Pada kesempatan itu pula, Penjabat Bupati Konawe melalui Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata memberikan bantuan dana sebesar Rp. 100 juta untuk pembangunan lapangan sepak bola di Desa Ahuawatu.

Baca Juga  Soal Ganti Rugi Lahan APL Pembangunan Bendungan Ameroro, Pj Bupati Konawe Sampaikan Ini

Selanjutnya, Harmin Ramba mengimbau kepada seluruh aparatur (ASN, Kades, Perangkat Desa) untuk tetap menjaga netralitas pada pemilu dan pilkada serentak 2024 mendatang.

“Semua aparatur harus menjaga netralitas, tidak boleh ikut berkampanye apalagi sampai menjadi tim sukses salah satu calon,” pungkasnya.(**)